DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 27 Juli 2021 - 13:43 WIB

Bagian Organisasi Setdakab Tanbu Berikan Pelayanan Publik Berdasarkan SOP dan Standar Pelayanan

BATULICIN – Sebelum memberikan pelayanan kepada masyarakat,  perangkat daerah sudah harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Organisasi Setdakab Tanah Bumbu, Jurhaimin melalui Kasubbag Pelayanan Publik dan Tata Laksana, Aini kepada Kru RSB belum lama kemarin.

Ia menyampaikan, peraturan pelayanan pubik diatur dalam UUD nomor 25 tahun 2009, yang selanjutnya diatur oleh Peraturan Pemerintah no 96 tahun 2012.

Sementara, penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)  diatur oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) nomor 35 tahun 2012. Selanjutnya tentang forum konsultasi, yakni Permen PAN -RB nomor 16 tahun 2017 dan Permen PAN-RB nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat.

Lebih jauh diungkapkan Aini, dalam hal menerima layanan, Bagian organisasi Setdakab Tanah Bumbu melaksanakan forum konsultasi publik, melakukan sosialisasi kepada stake holder terkait, sehingga masyarakat mengetahui persyaratan dalam menerima layanan tersebut.

Sementara dalam pelaksanaan pelayanan publik, pemerintah daerah harus memiliki SOP dan standar pelayanan yang telah ditentukan, kemudian melakukan survei kepada masyarakat untuk mengetahui perkembangan pelayanan yang diberikan.

Selain itu, akan dilakukan evaluasi terhadap perkembangan pelayanan. Tujuannya agar kesalahan dalam pelayanan dapat diperbaiki sehingga terdapat perkembangan selanjutnya. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Doakan Jamaah Haji Raih Predikat Mabrur

Tanah Bumbu

Syaifullah : RSUD Tanah Bumbu Bersiap Jadi Penopang Layanan Kesehatan di IKN

Tanah Bumbu

Pimpinan Pondok Pesantren Az-Zikra DDI Sampaikan Terimakasih Kepada Pemerintah Daerah

DLH

DLH Tanbu Ajak Masyarakat Ibadah Idul Adha Tanpa Sampah Plastik

Tanah Bumbu

Bappeda Litbang Tanah Bumbu Gelar Lomba Inovasi Award 2024

Tanah Bumbu

PT Air Minum Bersujud akan Pasang Dua Unit Pompa Air Baku ke IPA Sarigadung 

Tanah Bumbu

Konsentrasi Selesaikan Stunting Desa dengan 7 Paket Layanan

Informasi

Pemkab Tanbu Ikuti FGD Asistensi Percepatan Penyusunan Peraturan Daerah PBG

You cannot copy content of this page