Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 25 Oktober 2022 - 13:51 WIB

Bappedalitbang Kembali Gelar Rakor Pemantauan dan Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) pemantauan dan evaluasi percepatan penurunan stunting di Hall Soraja II Hotel Ebony Batulicin, Selasa (18/10/2022).
 
Ketika diwawancarai oleh reporter radio-swarabersujud.com, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tanah Bumbu Andi Anwar Sadat mengatakan kegiatan rakor evaluasi dan pemantauan percepatan penurunan stunting dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun dan rapat saat itu merupakan rakor yang kedua.
 
Adapun perbedaan diantara keduanya yakni pada rakor pertama terfokus pada cara mensosialisasikan kepada tim SKPD  terkait dan kelompok kerja (Pokja) mulai dari tingkat kecamatan hingga ke desa untuk sekiranya dapat mengintervensi berbagai macam kegiatan dalam rangka penurunan stunting.
 
Sedangkan rakor kedua kali ini bertujuan untuk mengevaluasi dan melakukan pemantauan terhadap progres tim sudah sejauh mana upaya yang dilakukan dalam mempercepat tingkat penurunan kasus stunting di wilayah Bumi Bersujud.
 
Sehingga dapat menjadi acuan oleh tim percepatan penurunan stunting untuk mencapai angka target nasional yaitu menduduki angka 14 persen.
 
Terlebih Kabupaten Tanah Bumbu saat ini juga masih menjadi daerah terbaik se Kalimantan Selatan dalam angka percepatan penurunan kasus stunting yakni berada pada angka 18,7 persen.
 
Jadi dalam rapat tersebut sekaligus akan membahas strategi-strategi terbaik untuk dibagikan kepada tim percepatan penurunan stunting dengan menghadirkan beberapa narasumber.
 
Bappedalitbang dalam hal ini berperan untuk mengkoordinasi beberapa kegiatan dari dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Pokja tingkat kecamatan hingga desa yang terkait percepatan penurunan stunting agar difasilitasi sebagaimana berlangsung seperti kegiatan saat itu.
 
Harapannya mendatang Tanah Bumbu bisa mencapai yang sudah digariskan sesuai dengan visi misi dan tertuang di RPJMD agar bisa dilaksanakan dengan baik atau bisa memenuhi target pada 2024 zero stunting.
 
Penulis : Fitriana Rahma
Editor    : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Wakili Bupati Zairullah, Asisten II Riduan Buka Sosialisasi One Day No Rice

Tanah Bumbu

Bappeda Litbang Tanah Bumbu Laksanakan Desk Pra RKA Tahun Rencana 2025

Tanah Bumbu

Tingkatkan Kapasitas Pemuda, Program Yess Gelar Kegiatan Swakelola

Tanah Bumbu

RSB Masuk Nominasi, Direktur dan Sekretaris Hadiri Puncak Anugerah Syiar Ramadan di Banjarmasin

Tanah Bumbu

PT Air Minum Bersujud akan Pasang Dua Unit Pompa Air Baku ke IPA Sarigadung 

Tanah Bumbu

Pembangunan Ruang ICU RSUD DHAAN Sudah Mencapai 97 Persen

Tanah Bumbu

Bupati Abah Zairullah Berbagi Rejeki dengan Penyapu Jalan
Sekda

DLH

Cegah Abrasi, 2.000 Pohon Mangrove Ditanam di Pesisir Pantai Sungai Dua Laut

You cannot copy content of this page