Duta Digital Tanah Bumbu Bangun Sinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Disbudporpar Gelar Technical Meeting 30 Finalis Pemilihan Duta Wisata Tahun 2024 Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029

Home / Diskumdagri

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 18:03 WIB

Beragam Keuntungan Gunakan Aplikasi E-katalog

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Diskumdagri) Tanah Bumbu H. Denny Hariyanto, ketika diwawancarai reporter RSB di kantor nya, belum lama ini, menyampaikan beragam keuntungan dalam penggunaan E-katalog bagi pelaku UMKM, konsumen maupun perusahaan.

Kehadiran E-katalog merupakan peluang besar yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam menawarkan jasa maupun mempromosikan dan memasarkan produknya yang tentunya dapat diakses oleh pemerintah maupun masyarakat di seluruh Indonesia.

Selain itu, katalog elektronik juga menguntungkan bagi konsumen maupun perusahaan, karena bukan hanya memudahkan dalam mencari informasi produk, khususnya untuk konsumen, perusahaan pun dapat menggunakan waktu dan dana secara efisien.

Adapun keuntungan bagi konsumen di antaranya mudah di akses berbagai pihak, selalu update dengan efesien, membuat informasi barang dan jasa lebih transparan dan mudah didapatkan, lebih efektif untuk meningkatkan performa pengadaan barang seperti melakukan kesepakatan harga, waktu pembayaran ataupun kesepakatan lainnya.

Tidak hanya untuk konsumen, katalog elektronik pun memberi keuntungan bagi perusahaan yang menerapkannya, diantaranya menjangkau lebih banyak pasar, lebih tepat sasaran, mengurangi resiko penyalahgunaan harga, lebih efisien waktu dan efektif dalam proses penjualan serta mendukung Go Green.

Karena E-katalog tidak menggunakan kertas sebagai media untuk menampilkan segala informasi, melainkan melalui sistem digital dengan mengurangi penggunaan kertas, artinya perusahaan juga ikut andil dalam menjalankan salah satu program pemerintah, yaitu go-green.

Pada dasarnya, katalog elektronik atau e-katalog adalah sistem informasi yang berisi tentang daftar produk maupun jasa, jenis, merek, spesifikasi teknis, harga, dan jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat diakses secara online atau digital.

Penulis/Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Diskumdagri

Kepala Diskumdagri Tanbu Sebut Produk UMKM Mampu Bersaing

You cannot copy content of this page