Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Tanah Bumbu

Rabu, 15 September 2021 - 10:02 WIB

Bupati Sampaikan Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Dua Buah Raperda

BATULICIN, RSB – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar diwakili Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum Andi Aminuddin menyampaikan jawaban atas pemandangan umum Fraksi DPRD terhadap dua buah Raperda tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Penyelengharaan Perpustakaan.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tanah Bumbu H. Supiansyah ZA dan berlansung di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD, Selasa, 14 September 2021

Merespon pemandangan umum fraksi sehari sebelumnya, Bupati HM Zairullah Azhar dalam jawaban tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum, Andi Aminuddin terhadap Raperda Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak menyampaikan, bahwa anak yang dimaksud adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Dipaparkan Bupati, penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak berasaskan Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan memegang teguh prinsip-prinsip yang tercantum dalam konvensi hak anak. Meliputi non diskriminasi, kepentingan terbaik untuk anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan anak, penghargaan terhadap pandangan anak, dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Sementara untuk jawaban terhadap Raperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan, Bupati menyampaikan, ada tiga aspek dasar yang perlu dipertimbangkan, yakni meningkatkan kualitas layanan terhadap perpustakaan, meningkatkan kegemaran membaca dan memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat melalui, pengembangan perpustakaan desa.

Selain itu, saat ini di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Bumbu sudah tersedia perpustakaan digital dengan nama aplikasi iTanbu yang dapat didownload melalui playstore.

Pemerintah daerah selaku pihak eksekutif berharap, dua buah Raperda tersebut, tetap dapat dibahas pada tahap-tahap berikutnya dan dapat disetujui bersama untuk menjadi Peraturan Daerah.

Rapat paripurna tersebut turut dihadiri para Wakil Ketua DPRD dan Anggota DPRD, unsur Forkopimda, instansi vertikal, pejabat SKPD dan undangan lainnya. (Yud/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Wujudkan Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah, Dinas Lingkungan Hidup Gagas Program Madinah Berseri

Tanah Bumbu

Forum Anak Satui Gelar Kegiatan Sehari Mengajar

Tanah Bumbu

Sebanyak 2200 Pelajar Tanah Bumbu Serentak Lakukan Sikat Gigi Bersama

Tanah Bumbu

Hari Pertama Idul Fitri 1445 H, Bupati Tanah Bumbu Open House di Istana Anak Yatim 

Tanah Bumbu

Dispersip Tanah Bumbu Serahkan Hadiah Lomba Puisi Kategori Umum dan Pelajar

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Wakili Bupati Tanah Bumbu Rapat Rutin di Banjarmasin

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Kehilangan Kadis Kominfo SP

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Pimpin Ekspose Program SFV di Desa Sungai Dua

You cannot copy content of this page