Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 8 Februari 2022 - 09:54 WIB

Bupati Sampaikan Tiga Buah Raperda

BATULICIN, MC Diskominfo – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu digelar pada Senin (7/2/2022), dalam Rangka Penyampaian tiga Buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Dalam kesempatan itu, Bupati Tanah Bumbu HM. Zairullah Azhar dalam sambutan yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hj. Mariani menyampaikan, setelah selesai dilakukan pembahasan pada tingkat eksekutif, maka dengan ini pemerintah daerah mengusulkan tiga buah Raperda untuk dilakukan pembahasan bersama di tingkat legislatif.

Lebih lanjut diuraikan Bupati, Raperda yang dimaksud itu yakni Raperda tentang Susunan Perangkat Daerah. Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Secara garis besar lanjutnya lagi, penataan organisasi perangkat daerah dilaksanakan berdasarkan atas urusan pemerintahan wajib terkait pelayanan dasar, urusan pemerintahan wajib tidak terkait pelayanan dasar, dan urusan pemerintahan pilihan.

Berdasarkan pembagian perumpunan urusan, maka dilakukan penilaian variabel guna menentukan tipelogi perangkat daerah yang disinergikan dengan kedekatan karakteristik dan keterkaitan antar penyelenggaraan urusan pemerintahan.

Selanjutnya, penataan organisasi perangkat daerah juga dilaksanakan dengan pendekatan fungsi dan tepat ukuran serta diarahkan.

Menurut Bupati, PPAS 2023 berkesinambungan dengan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023.

Kemudian kedua, Raperda tentang Retribusi Persetujuan Pembangunan Gedung. Dalam rangka mendukung implementasi peraturan perundang-undangan yang belaku saat ini, yang mana Retribusi Perizinan tertentu terkait Retribusi Izin mendirikan bangunan yang diubah menjadi Retribusi Perizinan Berusaha terkait Persetujuan Bangunan Gedung yang selanjutnya disebut Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Selanjutnya guna mengurangi kehilangan potensi pendapatan daerah yang bersumber dari retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, pemerintah daerah perlu segera menetapkan Peraturan Daerah mengenai Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung agar segera dapat melakukan pemungutan Retribusi PBG.

Bangunan yang telah memperoleh izin mendirikan bangunan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sebelum Peraturan Daerah ini mulai berlaku, izinnya masih tetap berlaku.

Dijelaskan, bangunan yang telah berdiri dan belum memiliki Persetujuan Bangunan Gedung, untuk memperoleh PBG harus mengurus Sertifikat Layak Fungsi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian ketiga, Raperda tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa. Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, yang mengatur mekanisme pemilihan kepala desa dalam kondisi bencana nonalam COVID 19 sehingga diperlukan penyesuaian dan penyusunan kembali terhadap Peraturan Daerah terkait dengan pemilihan kepala desa.

Peraturan Daerah ini juga sebagai pedoman serta menjamin kepastian hukum serta landasan untuk mengatur mekanisme, pemilihan, pengangkatan, dan pemberhentian Kepala Desa serta mengatur penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak atau gelombang yang menjadi dasar dan rujukan bagi Panitia Kabupaten, Panitia Pengawas Kecamatan dan Panitia Pemilihan tingkat Desa.

Pada tahun 2022 ini akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak atau bergelombang pada beberapa Desa di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. (Win/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Penuhi Hak Baca WBP, Lapas Batulicin Buka Layanan Pojok Baca

Tanah Bumbu

Gerakan Cuci Kaki Ibu Difasilitasi Disdik Kabupaten Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Tinjau Kegiatan Vaksinasi di Kusan Hulu, Bupati Ingatkan Masyarakat Berdoa dan Berzikir

Tanah Bumbu

Sekda Tanah Bumbu Dr.Ambo Sakka Lepas Peserta Festival Tanglong 

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Hadiri Wisuda ke-14 STIKES Darul Azhar Batulicin

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Terus Tekan Angka Perkawinan Usia Anak

Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Masuki Masa Panen Padi

DLH

Enam Orang Petugas Kebersihan DLH  Potong Pohon di Muka dan Samping Kantor RSB

You cannot copy content of this page