Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Badan Kesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Pelatihan Calon Paskibraka 2024

Home / Religi / Sejarah

Senin, 13 Juni 2022 - 09:39 WIB

Bupati Tanah Bumbu dan Rombongan, Berhujan-hujan Hadiri Haul Habib Mancung

Abah Zairullah mengungkapkan, akan membantu perbaikan makam
Habib Mancung supaya lebih bagus lagi. Untuk tahun anggaran 2023, pemerintah daerah akan membantu sebesar Rp1 miliar.

Abah Zairullah mengungkapkan, akan membantu perbaikan makam Habib Mancung supaya lebih bagus lagi. Untuk tahun anggaran 2023, pemerintah daerah akan membantu sebesar Rp1 miliar.

KUSAN HULU, RSB — Hujan mulai dari pagi, tidak menyurutkan kehadiran Bupati Tanah Bumbu Abah HM. Zairullah Azhar dan Sekda H. Ambo Sakka menghadiri haul Habib Mancung ke 54, Minggu ( 12/6/2022 ).

Abah Zairullah tidak sendiri hadir, selain Sekda juga didampingi sejumlah kepala SKPD, seperti Kadiskominfo SP Ardiansyah, Kepala BPBD Eryanto Rais, Kepala Satpol PP dan Damkar Anwar Salujang, Kepala Dinas Sosial Basuni, dan staf khusus bupati Hadrawi.

Habib Mancung sendiri merupakan bukan orang asli Kalimantan melainkan berasal dari Solo. Setelah menyelesaikan pendidikan agama di Madinah, hatinya terketuk untuk merantau ke Kalimantan Selatan tepatnya di Kecamatan Kusan Hulu untuk mengabdikan diri sebagai pembawa syiar Islam.

Baca juga Bupati Abah Zairullah Hadiri Haul Pangeran Syarif Ali Al Aydrus ke-20

Peringatan Haul Habib Mancung luar biasa karena dihadiri oleh para habaib ternama, tokoh agama dan masyarakat yang rela berhujan-hujan agar bisa hadir pada acara yang dilaksanakan setahun sekali.

Jumlah masyarakat yang hadir ribuan orang. Hujan sampai pukul 11.00 Wita tidak sedikit pun menyurutkan semangat mereka.

Berdasarkan pemantauan aktualkalsel.com dan RSB Tanah Bumbu, masyarakat datang berbondong-bondong menghadiri acara tersebut karena pribadi Habib Mancung sendiri dikenal masyarakat sebagai tokoh Islam yang sangat kharismatik, berwibawa namun sangat sopan saat berhadapan dengan masyarakat.

Haul

Antusias ribuan masyarakat yang hadir di Haul Habib Mancung walau hujan mengguyur hingga pukul 11.00 Wita tidak sedikit pun menyurutkan semangat mereka.

Ada yang pakai payung, terpal dan alat seadanya mereka tetap bertahan untuk menghadiri haul tersebut.

Haul akbar Habib Mancung yang nama aslinya sayyid Muhammad bin sayyid Ali Al ayderus dilaksanakan di Desa Pacakan, Kecamatan Kusan Hulu.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Zairullah Azhar yang juga Bupati Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan, sangat merasa terhormat hadir berada di tengah para habaib, tokoh masyarakat menghadiri haul Habib Mancung.

Abah Zairullah mengungkapkan, akan membantu perbaikan makam

Habib Mancung supaya lebih bagus lagi. Untuk tahun anggaran 2023, pemerintah daerah akan membantu sebesar Rp1 miliar.

Sementara itu, Habib Mustopa Al Idrus dari Jakarta mengatakan, jejak langkah jemaah ke acara ini ini akan dicatat pahala oleh Allah SWT.

Mereka rela berhujan-hujan untuk menghadiri haul Habib Mancung. Mereka, kata Habib Mustopa, rela datang jauh-jauh dari penjuru desa di Kabupaten Tanah Bumbu. (Edw/Zhd/RSB)

 

Reporter         : M. Edwan

Editor              : Zuhdiansyah

Share :

Baca Juga

Religi

Bupati Zairullah Peringati Hari Asyura 10 Muharram di Istana Anak Yatim
Harjad

HUT Tanbu 19

Perayaan HUT ke-19 Tanah Bumbu Sarat Makna Religi
Bupati

Informasi

Hari Pertama Kerja, Bupati Gelar Halal Bi Halal

Informasi

Berkahkan Rutinitas Majelis Lailatul Jumat, Pemkab Tanbu Hadirkan Penceramah dari Makassar
Ade Ogi

Budaya

Ketua Lembaga Ade Ogie Tegaskan Mappanre Ri Tasi E Tahun Ini Bebas Dari Unsur Syirik dan Mistis
Mtq

Informasi

Berlangsung Meriah, Camat Sungai Loban Lepas Kafilah Pawai Ta’aruf MTQ
mtq

Informasi

MTQ Nasional ke-19 Tingkat Kusan Hilir Resmi Ditutup
Subuh

Religi

Kejar Berkah Hari Jumat, Selesai Salat Subuh Abah Zairullah Berbagi Kepada Tukang Becak dan Janda

You cannot copy content of this page