DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / DPMD

Rabu, 20 Juli 2022 - 10:22 WIB

Bupati Tanbu Berikan Kewenangan kepada Kecamatan dalam Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar perkuat kecamatan dengan memberikan kewenangan dalam pembinaan dan pengawasan dana desa.

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, salah satu isinya yaitu tugas camat dalam melakukan pembinaan dan pengawasan di desa.

Selain itu, camat merupakan perpanjang tangan bupati. Oleh karena itu, untuk memperkuat kecamatan, Bupati Tanah Bumbu telah menerbitkan Perbup Nomor 57 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Kewenangan Evaluasi Rancangan Perdes tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan Pengawasan Dana Desa kepada Camat, tanggal 13 Juni 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu Samsir beberapa hari yang lalu ketika dihubungi reporter RSB membenarkan adanya peraturan tersebut.

Adapun maksud ditetapkannya perbup ini adalah menjamin tercapainya prinsip kepatuhan, partisipasi, pemberdayaan masyarakat, efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas pada pengelolaan dana desa.

Serta yang terpenting, kecamatan dapat melaksanakan optimalisasi pembinaan dan pengawasan dana desa, memberikan acuan kepada camat dalam mengevaluasi rancangan perdes tentang APBDes.

Menindaklanjuti peraturan tersebut, Samsir mengaku selama ini pihaknya sudah melaksanakan pembinaan dan pengawasan, antara lain berupa sosialisasi di kecamatan, pelatihan dan bimtek perkenaan dengan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Ia berharap kualitas pembinaan dan pengawasan pemerintah desa dapat semakin meningkat.

Penulis : Desy Aulia

Editor : RSB-01

Share :

Baca Juga

Harjad

DPMD

Rayakan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu, Pemenang Lomba Diberikan Penghargaan
Safari Ramadhan

Covid-19

Safari Ramadhan di Sungai Loban, Kadis PMD Ikuti Vaksinasi Dosis Booster

DPMD

Dinas PMD Berikan Apresiasi Pegawai Loyalis dan Rajin Kerja

DPMD

Samsir Sebut Kemimpinan Abah Zairullah – Rusli Tetap Konsisten Peningkatan SDM
PMD

DPMD

Lomba Desa Posyandu Tingkat Kabupaten, Dinas PMD Kunjungi Desa Sungai Dua

DPMD

Tingkatkan Pengelolaan Air Bersih, Dinas PMD Gelar Pelatihan KP-SPAM
DPMD

DPMD

DPMD Tanbu Harapkan Pelayanan di Kantor Desa Terus Ditingkatkan
Makanan Etnis

Budaya

Masakan Khas Tradisional Makassar Meriahkan Puncak Mappanre Ri Tasi E

You cannot copy content of this page