DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Budaya / Informasi / Sejarah

Kamis, 17 Februari 2022 - 10:33 WIB

Bupati Zairullah Resmikan Museum Sejarah Tanah Bumbu

KUSAN HILIR, RSB– Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar meresmikan penggunaan Gedung Museum Sejarah Tanah Bumbu di Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (16/2/2022) kemarin.

Peresmian Gedung Museum sekaligus Kantor Lembaga Ade Ogie Pagatan ini ditandai dengan pembacaan do’a dan pemukulan gong oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar didampingi Ketua Lembaga Ade Ogie Fawahisah Mahabbatan, disaksikan para Kepala SKPD dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati HM Zairullah Azhar menyampaikan, keberadaan gedung museum itu merupakan wujud kecintaan terhadap keanekaragaman budaya bangsa dalam memperkokoh watak bangsa. 

Selain itu Bupati juga menekankan, melalui fasilitas yang ada itu, nantinya dapat menanamkan pengertian kepada anak-anak sedini mungkin, bahwa museum adalah tempat inspirasi dari masa lalu untuk masa depan. 

Oleh karena itu menurutnya, peresmian Gedung Museum Sejarah Tanah Bumbu menjadi sangat penting dan strategis dalam rangka mengembangkan wawasan sejarah dan sarana tempat wisata. Sehingga ke depan mampu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berakhlak mulia. 

Ia berharap, dengan berdirinya gedung tersebut, dapat mengumpulkan benda-benda bersejarah yang masih tersebar di beberapa tokoh di Tanah Bumbu yang dapat dipajang di museum guna untuk merawat benda bersejarah agar tetap terjaga hingga generasi berikutnya.

Dengan terkumpulnya benda-benda bersejarah, baik peninggalan manusia purba maupun peninggalan kerajaan-kerajaan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, dapat dikembangkan dan dapat dibangun menjadi lebih bagus lagi tanpa mengubah benda bersejarah tersebut.

Selanjutnya, Bupati juga berpesan kepada masyarakat yang memiliki benda-benda peninggalan yang dianggap bersejarah, sekiranya dapat diamankan bersama-sama benda tersebut di Gedung Museum Tanah Bumbu sehingga museum itu dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Turut hadir juga pada peresmian Museum Tanah Bumbu itu Sekdakab Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, Ketua dan pengurus Lembaga Ade Ogie Pagatan, sejumlah Kepala SKPD dan tamu undangan. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Informasi

Dinas Pertanian Tanbu Sambut Baik Pelajar Magang SPP- SNAKMA Pelaihari

Covid-19

DPMD Tanbu Harapakan PPKM Mikro Dapat Meminimalisir Penyebaran Covid-19
Mappanreritasi

Budaya

Bupati Abah Zairullah Buka Gelaran Mappanre Ri Tasi 2022

Informasi

Wakili Bupati, Asisten Administrasi Umum Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76
Rapimnas

Informasi

Bupati Abah Zairullah Sambut Baik Rapimnas II Forum Nasional PSAA-LKSA
Haul

Religi

Bupati Abah Zairullah Hadiri Haul Pangeran Syarif Ali Al Aydrus ke-20
PWI

Informasi

Pengurus PWI Tanbu Masa Bakti 2022-2025 Dilantik

Informasi

Bupati Tanbu Hadiri Musrembang RPJMD Kalsel Tahun 2021-2026

You cannot copy content of this page