Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Tanah Bumbu

Jumat, 8 Desember 2023 - 10:34 WIB

Dewan Pendidikan Tanah Bumbu Berkunjung ke Dinas Pendidikan Kota Samarinda

BATULICIN, radio-swarabersujud.com —Dewan Pendidikan Tanah Bumbu mengunjungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda terkait upaya mendorong pendidikan bermutu dan berkualitas, Kamis (7/12/2023).

Kedatangan rombongan Dewan Pendidikan Tanah Bumbu ke Kota Tepian disambut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda Asli Nuryadin dan rombongan.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pendidikan Sugiyatno Tanah Bumbu — yang mewakili Ketua Dewan Pendidikan Tanah Bumbu Bakhriansyah — kunjungan Studi Komparasi bertujuan tuntuk menggali informasi terkait peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Samarinda, sesuai dengan peran dan fungsi Dewan Pendidikan.

Dalam pertemuan tersebut, salah satu yang menjadi perbincangan adalah kebutuhkan dana untuk membangun atau memperbaiki sarana sekolah.

Sementara Dinas Pendidikan sendiri memiliki anggaran terbatas dan ada larangan mengambil pungutan atau iuran dari wali murid.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda Asli Nuryadin memberikan sharing informasi bahwa wali murid boleh saja menyumbang selama tidak ada definisi pungutan atau iuran.

“Bagi orang tua yang mampu tapi tidak mau menyumbang tidak apa-apa, tapi jangan melarang tukang sayur, misalnya, untuk menyumbang,” katanya seperti dikutip media ini dari Goodnews.co.id.

Hal itu sudah dilakukan di Samarinda. Yang perlu digarisbawahi dan penting tak boleh ditinggal adalah membangun komunikasi dengan wali murid. Menyampaikan kepada mereka mengapa sekolah membutuhkan dana.

Ia tidak setuju ketika sekolah membutuhkan dana untuk membangun sarana sekolah dan sebagainya, dengan cara memanggil orang tua.

Ia lebih setuju jika pihak sekolah berkunjung ke rumah wali murid bersilathrami. Selain itu, dia menyampaikan, rata-rata anaknya menempuh pendidikan boarding school.

Ketika pihak sekolah berkunjung ke rumahnya, maka ia menyediakan waktu untuk bertemu. Bahkan ia rela meminta izin di kantor untuk menemui pihak sekolah.

“Saya menghormati guru. Karena setinggi apa pun jabatan orang tua pasti memprerioritaskan sekolah anaknya,” ungkapnya.

Sehingga jika ada pihak yang bersilaturahmi, ia yakin tidak ada unsur pungutan dan banyak sekolah berhasil.

Ia bercerita ada orang tua menyumbangkan unit dental (tempat pemeriksaan gigi), itu karena sekolah bersilaturahmi ke orang tua wali.

Bahkan ada orang tua wali menyumbang untuk relokasi sekolah senilai Rp 12 miliar.

Hal penting disampaikan adalah apa yang diprogram sekolah, kemudian menyampaikan ke Komite Sekolah, karena Komite Sekolah merupakan penyambung lidah ke wali murid.

Ia menyebutkan memang ada sekolah ada seperti itu tetapi ada juga sekolah belum jalan.

“Jadi tidak ada yang dipaksakan. Yang jalan ya jalan, yang belum pelan pelan,” katanya.

Ia mengambil contoh seperti orang menyumbang di kotak amal masjid. Tidak ada paksaan, bahkan kalau perlu tanpa ada nama penyumbang.

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Covid-19

DPMD Tanbu Harapakan PPKM Mikro Dapat Meminimalisir Penyebaran Covid-19

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Diundang KPID Kalimantan Selatan pada Puncak Anugerah Syiar Ramadan 2024

Tanah Bumbu

Siapkan Lomba PMT Tingkat Provinsi, Dinas Pertanian Display Menu Berbasis Pangan Lokal

Tanah Bumbu

Ketua TP PKK Tanah Bumbu Wahyu Windarti Buka Kegiatan PMT PAUD

Tanah Bumbu

Pemkec Sungai Loban Gelar Pembentukan Forum RT dan PPDB IAY Darul Azhar

Tanah Bumbu

Berkunjung ke Wisata Susur Sungai Sepaket dengan Goa Liang Bangkai

Tanah Bumbu

Bappedalitbang Tanah Bumbu Gelar FKP Rancangan Awal RKPD 2025

Tanah Bumbu

Pembangunan Ruang ICU RSUD DHAAN Sudah Mencapai 97 Persen

You cannot copy content of this page