Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Informasi / Religi

Kamis, 9 Juni 2022 - 13:10 WIB

Diberangkatkan Pada 16 Juni 2022, 73 JCH Tanah Bumbu Dilepas Bupati Abah Zairullah

Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar melepas rombongan calon Haji dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar melepas rombongan calon Haji dari Kabupaten Tanah Bumbu.

BATULICIN, RSB – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tanah Bumbu dijadwalkan bakal berangkat pada tanggal 16 Juni 2022. Pelepasan secara seremonial dilakukan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar di Masjid Agung Nurussalam Kelurahan Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Kamis (9/6/2022) siang.

Total sebanyak 73 orang Jamaah Calon Haji yang akan berangkat ke tanah suci. Rinciannya, 70 orang tergabung dalam kloter empat bersama jamaah asal Kotabaru, Tanah Laut dan Kabupaten Banjar, sedangkan 3 orang lainnya tergabung ke dalam kloter tujuh bersama jamaah kabupaten lain.

Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah pada 16 Juni 2022 mendatang melalui Embarkasi Haji Syamsuddin Noor, para jamaah akan bertolak dari Tanah Bumbu tanggal 15 Juni 2022. 

Guna memastikan kelayakan untuk berangkat ke tanah suci, setiap jamaah akan menjalani sesi tes PCR dengan hasil negatif sebanyak dua kali di Tanah Bumbu dan Asrama Haji Banjarbaru 72 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga Sekda Tanbu Motivasi Siswa Siswi Hadapi Ujian PAT

Selain itu, 73 orang Jamaah Calon Haji asal Tanah Bumbu itu juga akan didampingi oleh tim kesehatan di antaranya satu dokter, satu perawat dari provinsi serta satu orang ketua kloter dari Tanah Bumbu dalam hal ini Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Tanah Bumbu, Abdul Hadi.

Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar saat menghadiri penyelenggaraan keberangkatan Jamaah Calon Haji, berpesan agar para jamaah selalu menjaga kesehatan selama menunggu pemberangkatan baik menuju asrama haji hingga keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah nanti.

Haji

“Harap agar para jamaah selalu menjaga kesehatan selama menunggu pemberangkatan baik menuju asrama haji hingga keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah nanti.” – Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar

Menurutnya, menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih, sebab cuaca di tanah suci cukup panas, maka jangan sampai dehidrasi.

Selanjutnya, Abah Zairullah juga tak lupa mendoakan jamaah, agar senantiasa diberikan kesehatan dalam persiapan pemberangkatan, selamat perjalanan dan kembali ke tanah air menjadi haji mabrur.

Tidak hanya mendoakan, Bupati juga tak lupa meminta doa dari para jamaah untuk keberkahan daerah tercinta, Kabupaten Tanah Bumbu menjadi daerah yang diberi petunjuk dan diberkati oleh Allah SWT.

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Bumbu, Drs. HM Ishak dalam laporannya menyampaikan, tahun ini Jamaah Calon Haji Tanah Bumbu hanya mendapatkan kuota 70 orang ditambah tiga orang, dari 170 orang yang namanya sudah terdaftar untuk berangkat menunaikan Rukun Islam kelimanya.

Keterbatasan kuota itu, dijelaskan Ishak, berdasarkan kebijakan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi akibat masih belum tuntasnya pandemi Covid-19. Sehingga, dampaknya pelaksanaan ibadah haji semua negara terbatas.

Pelepasan Jamaah Calon Haji tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena dilaksanakan lebih awal mengingat situasi pandemi Covid-19. Sehingga dengan demikian, jamaah memiliki waktu cukup untuk beristirahat menjaga kesehatan sebelum bertolak ke Tanah Suci Mekkah.

Rangkaian acara penyelenggaraan pemberangkatan Jamaah Calon Haji ditandai dengan penyerahan bendera ibadah haji oleh Bupati Abah HM. Zairullah Azhar didampingi Sekda H. Ambo Sakka kepada salah satu perwakilan jamaah.

Selain Bupati dan Sekda, turut hadir dalam acara tersebut, Ketua MUI KH Suhuful Amri sekaligus memberikan tausiyah bagi jamaah, perwakilan Kodim 1022/Tnb, Plt Kepala Kantor Kemenag Tanah Bumbu dan Bagian Kesejahteraan Setda Tanah Bumbu serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu. (Zhd/RSB)

 

Reporter / Editor                   : Zuhdiansyah

Share :

Baca Juga

Informasi

Bupati Zairullah Hadiri Pengukuhan Pengurus PABPDSI Tanbu Masa Bakti 2021-2027

Informasi

Pemkab Tanah Bumbu dan Pengadilan Negeri Batulicin Tandatangani Dua Buah MOU

Religi

Bupati Tanbu Gemakan Sholawat Sekaligus Sambutan Raker Satuan Kerja Perangkat Daerah

Covid-19

Dinkes Tanbu Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak
MTQ

Kec. Kusan Tengah

MTQ Nasional Pertama Tingkat Kecamatan Kusan Tengah Resmi Ditutup Camat

Informasi

Dirut RSUD dHAAN Kunjungi RSB

Informasi

Sekda Ambo Sakka Hadiri Pemusanahan Sabu dan Ekstasi Oleh Polres Tanah Bumbu

Polres

Polres Tanbu Gelar Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke 76

You cannot copy content of this page