Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / Tanah Bumbu

Senin, 26 Juli 2021 - 14:02 WIB

Dinas Pertanian Tanbu Libatkan Bidang Penyuluh dalam Program YESS

BATULICIN – Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten tanah Bumbu melibatkan bidang penyuluhan dalam program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS) sebagai ujung tombak, dimana bidang penyuluhan sendiri memiliki perwakilan di setiap kecamatan yaitu Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Faurazi Akbar melalui Tenaga Penyuluh di Bagian Penyuluhan, Afif Kurniawan kepada Kru RSB ketika menjadi narasumber program Talk Show belum lama tadi.

Lebih lanjut ditambahkan Afif, pada tahun 2020 lalu, pemerintah RI bekerjasama dengan Bank Dunia melalui Kementrian Pertanian untuk melaksanakan program YESS dalam hal pengenmbangan kewirausahaan dan sektor muda di pertanian agar melibatkan generasi muda sebagai penerus bangsa bidang pertanian.

Menindaklanjuti program tersebut, bidang penyuluhan melakukan tugasnya dengan sasaran para generasi muda usia 17 hingga 39 tahun, dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian untuk lebih produktif

Sementara itu, salah satu tenaga penyuluh lainnya, Badrudin menambahkan, program tersebut berawal dari kekhawatiran akan penerus bidang pertanian, sehingga pentingnya sosisialisasi dalam hal mencintai pertanian karena hal tersebut merupakan upaya untuk menyelamatkan dunia.

Kemudian menurutnya, program itu dikonsep untuk merubah pradigma saat ini yang menyatakan bahwa pertanian itu berlumpur dan berkotoran. Sementara dalam pengolahaan dan penanaman saat ini sudah bisa menggunakan mesin.

Sejauh ini program YESS sudah di sosialisasikan dan melakukan Cek Peserta dan Cek Lokasi (CPCL). Tidak terdapat batasan peserta, hal ini ditujukan untuk meneruskan pertanian di kalangan remaja dengan gaya modern yakni menggunakan alat.

Sebelum melakukan sosialisasipun sudah ada pemuda yang melakukan aktifitas pertanian dengan karya yang membanggakan, yakni ketika open day oleh siswa SMKN 1 Simpang Empat. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Bupati

Informasi

Bupati Abah Zairullah Ungkap Cita-citanya Kembangkan Potensi Sektor Kelautan
Sekda

RSB

Berkunjung ke RSB, Sekda Ambo Sakka Ingin Penyajian Berita Ditambah
Dishub

Budaya

Dishub Tanbu Siap Sukseskan Mappammula Gau
dinsos

Dinsos

Dinsos Tanbu Lakukan Pemeliharaan TMP Mattone

Tanah Bumbu

Kemenag Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Sertifikasi Produk Halal bagi UMKM

Tanah Bumbu

Rita Sugiarto Menggoncang Pantai Pagatan pada Pesta Adat Mappanre Ri Tasi’e 2023
Bupati

DPRD

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Dampingi Bupati Abah Zairullah Terima WTP Kesembilan Berturut-turut

Tanah Bumbu

Inflasi di Indonesia Capai 5,51 Persen, dalam Rakor Bahas Upaya Pengendaliannya dengan Gerakan Menanam

You cannot copy content of this page