Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / Dinsos / Kebersihan

Jumat, 11 Februari 2022 - 10:05 WIB

Dinsos Tanbu Lakukan Pemeliharaan TMP Mattone

BATULICIN, RSB – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Sosial (Dinsos) melakukan pemeliharaan Taman Makam Pahlawan (TMP) Mattone.

Pemeliharaan tersebut dilakukan berdasarkan Permen nomor 23 tahun 2014 tentang Standar Pengelolaan Taman Makam Pahlawan Nasional dan Makam Pahlawan Nasional. Dimana salah satu pengelolaan yang dilakukan adalah pemeliharaan terhadap bentuk fisik dari makam tersebut.

Seperti halnya baru-baru tadi dilaksanakan peringatan Hari Pahlawan Pagatan 7 Februari, dimana salah satu rangkaian kegiatannya yakni ziarah makam pahlawan. Oleh karena itu, Dinsos memperindah Taman Makam Pahlawan Mattone dengan memberikan sentuhan warna pada setiap bangunan dengan nuansa hijau agar sejuk dipandang mata.

Baca juga Dinsos Akan Monitoring Masyarakat Penerima Bantuan Modal Usaha

Pengelolaan Taman Makam Pahlawan Mattone itu tidak hanya dilakukan pada bentuk fisiknya, tetapi juga memberikan inovasi terkait tupoksi menjaga nilai-nilai kepahlawanan, dimana makam tersebut dimata masyarakat tidak hanya sebagai tempat ziarah tetapi juga untuk mengenang pahlawan sebagai bunga putra bangsa yang patut dihargai. 

Dalam konsep pemeliharaan yang dilakukan lebih cenderung pada upaya pengelolaan Taman Makam Pahlawan Mattone sebagai tempat study dan wisata religi. Dimana terdapat sejarah besar atas dibangunnya sebuah Taman Makam Pahlawan yakni pada peristiwa 7 Februari, sehingga taman tersebut dapat dijadikan sebagai tempat studi untuk mengenang hal tersebut, khususnya bagi pelajar Tanah Bumbu.

Dalam satu kesempatan, Kepala Dinsos Tanah Bumbu, Basuni berharap, masyarakat sekitar yang berada di lingkungan Taman Makam Pahlawan Mattone juga bisa menjaga dan memelihara kebersihan, keamanan, dan kenyamanan, sebagai rasa hormat dan menghargai perjuangan dari pahlawan-pahlawan yang dimakamkan di tempat itu. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Kebersihan

BKKBN Kalimantan Selatan Optimis Tanah Bumbu Bisa Raih Target Penurunan Stunting Hingga 14 Persen

DLH

DLH Akan Tambah TPS-3R di Kawasan Banyak Sampah
Harjad

Baznas

Bersinergi Dengan Baznas, Pemkab Tanbu Salurkan Santunan
Dinsos

Covid-19

Vaksinasi Covid-19 di Tanah Bumbu Hampir Capai 99 Persen
sampah

DLH

Pengambilan Sampah di Perkotaan Dilakukan Dua Kali Sehari
Dinsos

Dinsos

Kadinsos Jelaskan Mekanisme Pemberian Santunan Setiap Safari Ramadhan
PKK

Dinsos

TP-PKK Tanbu Dampingi Dinsos Salurkan Bantuan dari Provinsi di Kusan Hilir
dinsos

Dinsos

Dinsos Upayakan Realisasi Program Usaha Ekonomi Produktif

You cannot copy content of this page