Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024

Home / Disdagri

Selasa, 12 Juli 2022 - 17:42 WIB

Disdagri Kembali Aktifkan Koperasi yang Mati

BATULICIN, RSB — Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Tanah Bumbu kembali mengaktifkan koperasi yang mati di Bumi Bersujud.

Tujuan dihidupkan kembali adalah karena dengan adanya koperasi maka masyarakat akan berperan untuk kemajuan bangsa dalam memakmurkan diri sendiri dan orang banyak.

Kepala Disdagri Tanah Bumbu H. Deni Hariyanto melalui Kabid Koperasi dan UM Aidil Adha kepada reporter RSB pada Selasa (12/7/2022), menyampaikan, upaya yang dilakukan untuk mengaktifkan koperasi yakni dengan melakukan kunjungan silaturahmi pertemuan dengan ketua dan pengurus untuk mengkaji permasalahan yang ada pada koperasi tersebut agar bisa diaktifkan kembali.

Dikatakan H. Deni saat ini sudah ada dua koperasi yang kembali diaktifkan, dimana kendala yang dialami koperasi tersebut terletak pada perizinan koperasi yang mati sehingga tidak dapat beroperasi lagi.

Oleh karena itu, pihaknya turut mensupport dengan membantu dalam membina dan mengkoordinasikan perizinannya dengan dinas terkait.

Koperasi yang telah aktif kembali tidak lepas dari pembinaan dan monitoring Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanah Bumbu, karena koperasi tersebut akan sama dengan dimulainya koperasi dari tahap awal.

Selain itu, Penyuluh Koperasi Andi Agus mengatakan, monitoring yang diberikan terhadap koperasi salah satunya adalah penyuluhan terkait tata cara berkoperasi yang baik dan benar, aturan perkoperasian dan manajemen dalam menjalankan koperasi.

Oleh karena itu, dengan adanya pengaktifan kembali koperasi, maka sosialisasi koperasi yang diberikan adalah terkait cara mengembangkan usahanya dalam berbagai jenis usaha.

Ia berharap, dengan aktifnya kembali koperasi-koperasi di Tanah Bumbu maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta dapat mempertahankan koperasinya agar terus beroperasi.

Penulis : Desy Aulia

Editor : RSB-01

Share :

Baca Juga

Disdagri

Disdagri Tanbu Berikan Penghargaan Kepada Koperasi Berkompeten

Bupati Tanah Bumbu

Tidak Puas Raih Penghargaan, Koperasi Kartika Akan Terus Melakukan Perbaikan

Disdagri

Disdagri Kembali Aktifkan Koperasi yang Mati

You cannot copy content of this page