DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Kamis, 19 Agustus 2021 - 10:22 WIB

Disdukpencapil Sebut Program Dokter Rumantis Jadi Solusi Dimasa Pandemi

BATULICIN – Dokumen Terima di Rumah dan Gratis (Dokter Rumantis) merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang membangun kerjasama dengan kantor pos untuk mengantar dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang sudah di terbitkan.

Masyarakat yang sibuk dengan aktivitas dan jarak tempat tinggal yang begitu jauh tidak akan terganggu dalam pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Plt. Kepala Dinas Dukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi melalui Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan, Wahidin Aritonang kepada Kru RSB beberapa hari kemarin mengtakan, meskipun program ini sudah berjalan dari 2018 akan tetapi sangat berguna pada masa pandemi sekarang karena mampu menekan durasi kepengurusan dokumen yang membuat masyarakat tidak terlalu lama antri di dinas.

Alurnya adalah, masyarakat datang ke dinas dengan menyerahkan berkas, dan setelah diverifikasi dokumen yang sudah diterbitkan akan diantar oleh petugas pos ke alamat penduduk dan gratis.

Dikutip pada laman Disdukcapil, selama ini ada petugas kantor pos yang mengantarkan dokumen kependudukan warga yang telah selesai diproses di Disdukpencapil ke masing-masing kecamatan dan desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kemudian, dari kecamatan dan desa petugas kantor pos mengambil berkas-berkas warga yang akan membuat dokumen kependudukan untuk dibawa ke kantor Disdukpencapil, guna diproses lebih lanjut.

Kerja sama ini, juga untuk memenuhi azas “good governance” atau pemerintahan yang bagus dan mudah, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus adaministrasi kependudukan. (Tar/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Informasi

Aliansi Mahasiswa Tanbu Peduli Banjir Kalteng

Kec. Batulicin

Batulicin Berhasil Laksanakan Program Satu Desa Satu Masjid
Bapenda

Bapenda

Strategi Tingkatkan PAD, Bapenda Tanbu Berencana Naikkan NJOP

Tanah Bumbu

Ustadz Hiyatullah Ali Pimpin Sholat Dhuha Sekaligus Berikan Tausiyah

Tanah Bumbu

Diterjang Longsor BPBD Imbau Pengendara Waspadai Jalan Mentewe-Banjar

Tanah Bumbu

Sebanyak 20 Perusahaan Ternama di Tanbu Segera Ikuti Pameran Pekerjaan

DLH

Bupati Resmikan Fasilitas Air Bersih di Angsana

Informasi

Tinjau Vaksisnasi Bergerak di SMAN 1 Angsana, Gubernur Kalsel Tunggangi Trail

You cannot copy content of this page