Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Rabu, 17 November 2021 - 08:47 WIB

Disdukpencapil Tanbu Lanjutkan Perekaman e-KTP di Kusan Tengah

BATULICIN, RSB – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar perekaman KTP elektronik (e-KTP) di Kecamatan Kusan Tengah Selasa (16/11/2021) siang.

Antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini terlihat menurun dibandingkan dengan wilayah kecamatan lain yang telah didatangi sebelumnya.

Plt. Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu Gento Hariadi kepada Kru RSB mengatakan, terkait dengan antusias masyarakat untuk mengikuti perekaman di Kecamatan Kusan Tengah terbilang kurang, karena total hanya melayani 13 orang, dengan rincian ODGJ sebanyak 2 orang, warga dengan keterbatasan fisik 1 orang, warga lanjut usia atau jompo 2 orang dan 8 orang warga umum.

Beberapa petugas dari Disdukpencapil yang turun dalam kegiatan itu adalah Ratna Budiarti sebagai Administrasi Database (ADB), Wahyudi dan Erwin Wahyupi sebagai operator perekaman, serta Dina Rudiyati dan Linda Novita Sari sebagai verifikator.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Kecamatan Kusan Tengah mulai pukul 10.00 sampai 15.00 Wita. Data hasil perekaman e-KTP dengan sistem jemput bola di wilayah ini terbilang sangat sedikit dibandingkan dengan hasil data perekaman di wilayah kecamatan lain.

Hal ini mungkin disebabkan oleh jarak antara Kantor Disdukpencapil dengan lokasi warga berdekatan, sehingga masyarakat sudah banyak yang membuat kartu identitas di Kantor Disdukpencapil secara langsung.

Data hasil kegiatan perekaman e-KTP yang telah dilakukan di beberapa wilayah sebelumnya yakni Kecamatan Batulicin terhitung sebanyak 37 orang, Kusan Hilir 83 orang, Sungai Loban 128 orang, Kusan Hulu 119 orang, Simpang Empat 90 orang, Karang Bintang 82 orang, Mantewe 94 orang, Angsana 83 orang, dan Kuranji 106 orang.

Kini, total masyarakat yang telah melakukan perekaman yaitu 798 orang dari 10 wilayah kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Demi mencapai target nasional, Disdukpencapil memperkirakan kurang lebih 1000 hingga 1500 orang yang melakukan perekaman e-KTP.

Gento juga menambahkan, bahwa di tahun 2022 mendatang akan menjangkau sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman e-KTP dengan sistem jemput bola. Khususnya untuk pelajar yang berumur 17 tahun dan belum melakukan perekaman.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat terbantu dalam pembuatan kartu identitas diri yang mudah dan praktis, serta Disdukpencapil dapat mencapai target nasional perekaman e-KTP.

Kemudian untuk jadwal perekaman e-KTP dengan sistem jemput bola selanjutnya akan dilaksanakan hari ini, Rabu 17 November 2021 di Kecamatan Teluk Kepayang yang dimulai pukul 10.00 sampai 15.00 Wita. (Fit/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

srikandi

Arsip

Dispersip Tanbu Gelar Bimtek Srikandi

DPMPTSP

DPMPTSP Kembali Gelar Bimtek Perizinan Berusaha Berbasis Risiko OSS-RBA

Tanah Bumbu

Kakanwil Kemenkumham Kalsel Berikan Penghargaan kepada Tim Humas Lapas Batulicin

Diskominfo

Diskominfo Statistik dan Persandian Tanbu Prioritaskan Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Tanah Bumbu

Bupati Abah Zairullah Berbagi Rejeki dengan Penyapu Jalan
Diskominfo

Diskominfo

Halal Bihalal Bersama Pegawai Diskominfo SP, Bupati Bahas Peran Strategis Informasi di Era Keterbukaan

Tanah Bumbu

Petani Milenial Program YESS Gelar Pertemuan, Bahas Rencana Membuat Kampung Itik

Tanah Bumbu

Dispersip Tanah Bumbu Sediakan Fasilitas Dukung Komunitas Literasi

You cannot copy content of this page