Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / DLH

Jumat, 8 Juli 2022 - 15:05 WIB

DLH Tanbu Ajak Masyarakat Ibadah Idul Adha Tanpa Sampah Plastik

BATULICIN, RSB – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu mengajak masyarakat untuk jalani ibadah di hari raya Idul Adha 1443 Hijriah tanpa menggunakan dan menghasilkan sampah plastik.

Saat dikonfirmasi oleh Reporter RSB melalui media WhatsApp, Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat Mahriyadi Noor melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti, Senin (4/7/2022) lalu mengatakan, upaya tersebut sudah disetujui oleh Bupati Tanah Bumbu Abah H.M. Zairullah Azhar.

Dalam surat edaran tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa plastik juga tertera himbauan untuk panitia penyelenggara bahwa untuk pelaksanaan sholat agar tidak meninggalkan sampah dilokasi yang digunakan.

Kemudian untuk kegiatan lain yang masih dalam rangkaian perayaan Hari Raya Idul Adha agar dapat meminimalisir timbunan sampah, salah satunya pada saat pendistribusian daging kurban.

Pendistribusian daging kurban dianjurkan untuk tidak menggunakan kantong plastik tapi bisa diganti dengan wadah yang tidak berbahan plastik.

Contohnya menggunakan daun pisang atau daun jati, wadah anyaman bambu (besek) atau membawa wadah sendiri yang terbuat dari bahan ramah lingkungan saat mengambil hak atas daging kurban.

Bisa juga wadah lain yang tersedia di daerah masing masing dengan syarat dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan sehingga tidak menimbulkan sampah plastik.

Kemudian terkait dengan kebersihan, panitia pelaksana kurban juga diharapkan dapat menjaga dan mengendalikan kebersihan lingkungan di tempat penampungan dan pemotongan hewan.

Selain itu juga menyediakan sarana prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah terpilah di tempat sholat dan pembagian daging kurban, serta melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan sampah di lokasi.

Dengan mendukung program pengurangan dan penanganan sampah selama penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha melalui keterlibatan masyarakat, diharapkan dapat memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah guna mengurangi timbulan sampah ke Tempat Pembunagan Akhir (TPA).

Penulis : Fitri

Editor : RSB -01

Share :

Baca Juga

Disperkimtan

Tahun 2022, Disperkimtan Tanbu Fokus ke Program Perumahan dan Permukiman

DLH

Bupati Resmikan Fasilitas Air Bersih di Angsana
dlh

DLH

DLH Siapkan Layanan Pengaduan Sampah

DLH

Sekolah di Tanah Bumbu Berhasil Raih Penghargaan Adiwiyata

DLH

DLH Tanah Bumbu Gelar Penyerahan Penghargaan Madinah Berseri

DLH

Peringati Harjad Kalsel ke-72 SKPD Tanbu Lakukan Aksi Bersih Lingkungan

DLH

Enam Orang Petugas Kebersihan DLH  Potong Pohon di Muka dan Samping Kantor RSB

DLH

DLH Tanbu Maksimalkan Penempatan TPS Sementara di Dua Kecamatan

You cannot copy content of this page