Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Badan Kesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Pelatihan Calon Paskibraka 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Penilaian Geospasial Banua Award di Banjarbaru Hadiri Pertemuan Rutin PKK, Camat Kusan Hilir Amirullah : Perempuan Sebagia Penggerak Pembangunan

Home / Tanah Bumbu

Jumat, 7 Januari 2022 - 15:53 WIB

Dukung Visi Misi Bupati Menuju Serambi Madinah, Disdik Arahkan Kegiatan Keagamaan Pagi di Sekolah

BATULICIN, RSB – Dalam upaya mendukung visi misi Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar untuk mewujudkan Tanah Bumbu menuju sebutan Serambi Madinah, Dinas Pendidikan mengarahkan setiap sekolah untuk melaksanakan kegiatan keagamaan setiap pagi di masing-masing sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Eka Safrudin melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Ahmad Faizin kepada Kru RSB ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (06/01/2022) kemarin.

Adapun kegiatan keagamaan yang dilakukan berupa shalat Dhuha berjamah dan membaca Al-Qur’an. Dalam pelaksanaannya tentunya memerlukan peralatan-peralatan berupa sejadah, mukena dan peralatan lainnya yang dapat diinisiasi oleh guru untuk mengarahkan siswanya membawa.

Sementara terkait tempat pelaksanaan shalat, dapat dilakukan secara berjamaah di dalam satu ruangan jika sekolah tersebut memadai, sementara jika tidak memiliki ruangan besar yang dapat menampung seluruh siswa maka dapat dilakukan di masing-masing kelas, penerapan ini bersifat relatif karena kemampuan masing-masing sekolah berbeda.

Ia juga menyampaikan, penerapan kegiatan keagamaan tentunya menjadi suatu kebiasaan baru yang pada umumnya akan membuat siswa merasakan sedikit perubahan, namun hal tersebut merupakan hal wajar yang perlu diterapkan berdasarkan teori akademis yakni dalam melakukan sebuah perubahan dimulai dari pembiasaan ‘dipaksa’ yang berarti secara halus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemudian akan menjadi ‘bisa’ dari adanya paksaan tersebut sehingga akan membuat siswa ‘terbiasa’ dengan adanya aturan baru.

Oleh karena itu diharapkan, dari hasil kebiasaan yang dilakukan maka akan menjadi budaya sehingga setiap hal yang dilakukan akan terasa lebih mudah. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Kukuhkan Pengurus FKUB 2024 -2029

Informasi

Hari Kedua Studi Banding, RSB Kunjungi Dua Titik di Banjarmasin

Tanah Bumbu

Direktur RSUD Tanah Bumbu dr. Yandi, Berziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

DPMD

Jika Tidak Ada Aral Melintang, 8 Desa Persiapan di Tanbu akan Definitif November Nanti

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Hadiri Acara Penyerahan SAKIP, RB dan ZI di Bali

RSUD

RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA

Tanah Bumbu

Wahyu Windarti Zairullah Lantik Lima Ketua TP PKK Kecamatan 

Tanah Bumbu

DPK BKPRMI Kecamatan Sungai Loban Gelar Peringatan Isra Mi’raj

You cannot copy content of this page