Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu / Wabup

Senin, 13 September 2021 - 08:47 WIB

Eksplorasi Destinasi Baru, Wabup Perkenalkan Wisata Air Terjun Batis Langupan

SATUI – Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli bersama camat, anggota DPRD dan beberapa pegawai SKPD melakukan ekspedisi wisata untuk meninjau langsung lokasi Air Terjun Batis Langupan yang berda di Desa Sejahtera Mulia Kecamatan Satui, Jumat, 10 September 2021.

Untuk mencapai lokasi air terjun tersebut Wakil Bupati bersama rombongan harus bersusah payah melintasi jalan berliku, terjal, dan ekstrim serta menyeberangi sungai setinggi satu meter, yang mana tak membuat rombongan kendor untuk sampai ke lokasi wisata air terjun tersebut.

Mereka tetap semangat melintasi beragam rintangan dan hambatan selama 6 jam tanpa sedikitpun beranjak dari jok trailnya. Adventure itu dilakoni demi mengeksplor sebuah objek wisata air terjun yang ada di Desa Sejahtera Mulia, Kecamatan Satui.

Yakni Air Terjun Batis Langupan, sebuah destinasi tersembunyi yang memiliki pesona indah dan sangat memikat siapapun jika mampu mengunjungi, yang mana air terjun itu memiliki ketinggian 40 meter yang terletak di tengah hutan dan berjarak sekitar 20 kilometer lebih dari Kecamatan Satui.

Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli mengatakan, ekspedisi wisata itu dilakukan demi mengeksplor destinasi yang belum terjamah wisatawan untuk dikembangkan. Alasannya, air terjun itu sangat berpotensi untuk dijual ke dunia luar, bahkan internasional karena sungguh menakjubkan.

Usai melepas lelah setelah menempuh perjalanan panjang menuju Batis Langupan, Wabup berharap, ke depannya pemerintah daerah melalui SKPD terkait bisa mengembangkan destinasi itu menjadi tujuan wisata.

Disebutkannya, yang perlu diperhatikan dalam pengembangan wisata itu adalah pembangunan infrastruktur. Khususnya akses jalan, jembatan dan sarana prasarana penunjang lainnya.

Menurut Wabup, dirinya yakin di Kalimantan Selatan baru di tempat itu yang pertama ditemukan air terjun tinggi dengan pesonanya yang memikat hati.

Ia mengaku kagum dengan air terjun itu. Rasa lelahnya selama perjalanan terbayarkan setelah menikmati eksotisnya pemandangan, indahnya keasrian hutannya dan sejuknya aliran air terjun.

Lanjutnya lagi, keberadaan wisata itu nantinya akan dikembangkan. Segera diprioritaskan membuka akses menuju tempat wisata. Bahkan jika perlu dibangun jalan baru yang bisa memangkas jarak tempuh.

Rusli optimis, jika destinasi itu dibuka untuk umum. Dengan akses jalan yang nyaman, tentu akan memudahkan wisatawan berkunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Air Terjun Batis Langupan memiliki potensi wisata yang cukup tinggi, yakni karakteristiknya berbeda dengan wilayah lain. Wisata itu jika ke depannya dikembangkan, akan menjadi ikon baru pariwisata di Bumi Bersujud.

Turut dalam ekspedisi wisata itu Anggota DPRD Tanah Bumbu, Andi Asdar Wijaya, Camat Satui, Abdul Rahim dan sejumlah pejabat SKPD di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu. (Rnd/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Kpk

KPK

Pemkab Tanbu Sambut Positif Rakor Program MCP dan Kegiatan Tematik Tahun 2022 di Wilayah Kalsel

Tanah Bumbu

Kadis Perikanan Harapkan Hibah Kepada Nelayan Mampu Tingkatkan Kesejahteraannya

Tanah Bumbu

Bangga Kader Posyandu Desa Wiritasi Raih Lima Juara Cabang Lomba Jambore, Siap Wakili Tanah Bumbu ditingkat Provinsi

Informasi

Wakili Bupati, Asisten Administrasi Umum Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76
Disbudporpar

Disbudporpar

Lomba Kreasi Barang Bekas Terbukti Dapat Meningkatkan Kreativitas

Tanah Bumbu

Bappeda Litbang Tanah Bumbu Gelar Lomba Inovasi Award 2024

Tanah Bumbu

Diskominfo SP Tanah Bumbu Hadirkan Narsum Ketua PWI Kalsel dan JMSI Kalsel untuk KIM

Informasi

Pemkab Tanah Bumbu dan Pengadilan Negeri Batulicin Tandatangani Dua Buah MOU

You cannot copy content of this page