DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Covid-19 / Kesehatan / Religi / Tanah Bumbu

Jumat, 23 Juli 2021 - 10:22 WIB

Hadapi Covid-19, Pemkab Tanbu Gelar Salat Dhuha dan Zikir Serentak di Desa

SATUI – Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu untuk menekan angka Covid-19, mulai sosialisasi hingga vaksinasi. Sebagai langkah selanjutnya, kini pemerintah daerah membuat gerakan Salat Dhuha serentak, Kamis, 22 Juli 2021 pagi kemarin.

Bukan hanya serentak Salat Dhuha dan doa serta zikir, gerakan ini akan diamalkan setiap harinya di semua desa. Sementara di lingkup Pemkab Tanah Bumbu sudah berjalan.

Gerakan serentak oleh pemerintah daerah ke desa-desa yakni melaksanakan Salat Dhuha 4 rakaat, tadarus Alqur’an, zikir, shalawatan dan tausiah.

Pelaksanaan perdana dipimpin langsung Bupati dr HM Zairullah Azhar di Desa Wonorejo Kecamatan Satui. Selain di Wonorejo. Sementara semua Kepala SKPDnya serentak disebar ke 49 desa lainnya, dihari pertama.

Gerakan itu diharapkan bisa memerangi Covid-19 dengan mengerahkan seluruh jajarannya melaksanakan doa dan zikir bersama di 144 desa dan 5 kelurahan. Dimana pelaksanaannya ada 3 hari yakni Kamis, Jumat dan Selasa.

Kegiatan itu serempak dilaksanakan di 49 desa tahap pertama, yang dipimpin seluruh kepala SKPD di desa-desa yang ada di 4 kecamatan diantaranya Satui, Angsana, Sungai Loban dan Kuranji.

Tonggak pertama gerakan zikir dan doa itu dilaksanakan di Desa Wonorejo Kecamatan Satui, dihadiri Kepala Desa Wonorejo, Sarjimin dan Camat Satui Abdul Rahim.

Bupati Zairullah berharap, dengan upaya tersebut, bisa mencegah penyebaran Covid-19 di Bumi Bersujud.

Diungkapkannya, pemerintah daerah akan belajar dari Negera Brunei Darussalam, yang tidak ada kasus Covid-19. Apa yang mereka diamalkan sebagai ikhtiar sama halnya yang dilakukan saat ini di Bumi Bersujud.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanah Bumbu, Samsir, yang turut mendampingi Bupati, mengatakan kegiatan gerakan untuk perangi Covid-19 tersebut untuk hari pertama dilaksanakan di 4 kecamatan yakni Satui, Angsana, Sungai Loban dan Kuranji. Dua hari selanjutnya di 8 kecamatan.

Ditegaskan, hal ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar bersama. Selain silaturahmi Bupati, ini salah satu bentuk ikhtiar dengan berdoa dan berharap wabah Covid-19 segera berakhir. Sisi lain Salat Dhuha juga sebagai permohonan diberikan rahmat dan rezeki, sekaligus mensosialisasikan terkait bahaya Covid-19.

Kegiatan di Wonorejo juga dihadiri Kepala BPKAD Tanah Bumbu, H Syamsudin, Staf Khusus Bupati, Rahmatillah, Haderawi dan Dinas Kesehatan, H Setia Budi dan Camat Satui, Abdul Rahim. (Skr/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Intan 2023

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Hadiri Musrenbang di Kecamatan Mentewe

Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Masuki Masa Panen Padi

Covid-19

Dinkes Realisasikan Dukungan Vaksin Pemerintah Pusat Melalui Percepatan Vaksinasi Covid-19

Tanah Bumbu

Zairullah Azhar Pemimpin Multitalenta

DPMD

Dinas PMD Himbau Camat, Lurah dan Kades Laksanakan Amaliyah
KPK

KPK

KPK RI Paparkan Capaian Hasil MCP Tahun 2021

Disdukpencapil

Disdukpencapil Prioritaskan Perekaman Bagi ODGJ, Tua Jompo dan Disabilitas

You cannot copy content of this page