Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Tanah Bumbu

Jumat, 8 Desember 2023 - 13:11 WIB

Hadapi Hidmeteorologi, BPBD Tanah Bumbu Gelar Rakor Sekaligus Launcing Cewe Medsos

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan instansi terkait. Rakor kali ini dalam rangka menghadapi Hidmeteotologi (banjir, banjir bandang, puting beliung, gelombang pasang air laut/ROB, dan tanah longsor).

Rakor di gelar, Kamis (17/12/2023) bertempat di Ruang Rapat Kantor BPBD Tanah Bumbu.

Kalaksa BPBD Tanah Bumbu Sulhadi melalui Sekretaris BPBD Dwi Kesuma Putra mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Kalsel, untuk wilayah Tanah Bumbu akan memasuki musim penghujan yang diperkirakan berpotensi terjadinya bencana Hidmeteotologi.

“Potensi bencana hidmeteorologi di perkirakan bulan Desember 2023 dan awal Januari 2024 yang berdampak pada Tanah Bumbu, ” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya rakor ini dapat mempersiapkan secara dini langkah-langkah menghadapi potensi bencana dan bekerjasama antara stakeholder penanggulangan bencana.

Dalam kesempatan ini, BPBD juga melaunching Cewe Medsos (Call Center, Website dan Media Sosial).

Hal ini sebagai bagian dari aksi perubahan pada pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan VIII BPSDMD Kalimantan Selatan.

“Inovasi ini sebagai bentuk optimalisasi penerimaan dan penyebarluasan informasi kebencanaan melalui cewe medsos,” ujar Dwi.

Harapannya adanya inovasi ini dapat meningkatkan respon time penanganan melalui pelayanan pengaduan kejadian bencana yang terpadu ke satu nomor call center.

“Untuk meminimalisir hambatan komunikasi yang sering di alami masyarakat dalam penyampaian laporan saat terjadi bencana di suatu wilayah karena cukup menghubungi satu nomor saja,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, SKPD terkait, TNI, perwakilan Camat dan Basarnas.

 

 

Penulis/Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Perpustakaan

Dispersip

Berlanjut, Dispersip Tanbu Gelar Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Kedua

Dinsos

Dinsos Akan Monitoring Masyarakat Penerima Bantuan Modal Usaha

PUPR

Dinas PUPR Sebutkan Batas Kewenangan Jalan di Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu 

Tanah Bumbu

Ribuan Warga Hadiri Lomba Tanglong Kecamatan Kusan Hulu
PUPR

PUPR

Dilantik Menjadi Kadis PUPR, Subhansyah Prioritaskan Perbaikan Jalan

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Terima Penghargaan Bayar Listrik Tepat Waktu
Kajati

Informasi

Kajati Kalimantan Selatan Kembali Kunjungi Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Bawaslu Tanbu Berhasil Raih Terbaik 1 Anugerah Kehumasan 2022 Nasional 

You cannot copy content of this page