Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Religi

Kamis, 17 Februari 2022 - 10:40 WIB

Hadiri Safari Isra Mi’raj di Kecamatan Batulicin, Ustadz Hidayatullah Sampaikan Pentingnya Menjaga Hati

BATULICIN, RSB – Ustadz Hidayatullah berkesempatan untuk menyampaikan ceramah agama pada Peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H dalam rangka safari Abah Bupati Tanah Bumbu di Masjid Al Ikhsan Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, Rabu (16/02/2022) kemarin.

Pada kesempatan itu, Ustadz Hidayatullah menyampaikan sejarah Nabi Muhammad SAW ketika dijemput oleh tiga malaikat utusan Allah SWT.

Tiga malaikat ini diperintahkan oleh Allah SWT untuk menjemput Baginda Nabi Muhammad SAW menggunakan kendaraan yang bernama buroq.

Sebelum Nabi Muhammad SAW dinaikkan di atas buroq untuk perjalanan Isra Mi’raj, Nabi Muhammad SAW dibawa terlebih dahulu di pinggir Sumur Zamzam.

Adapun tiga orang malaikat yang menjemput Nabi Muhammad yakni malaikat Jibril as, malaikat Mikail as dan malaikat Israfil as.

Setelah sampai di pinggir sumur Zamzam, dada Nabi Muhammad SAW dibelah oleh malaikat Jibril dan mengambil hati Nabi Muhammad SAW karena hati adalah sumber dari apa yang dimiliki di dunia ini.

Kemudian Malaikat Jibril memerintahkan kepada malaikat Mikail untuk mengambilkan tiga wadah yang berisikan air Zamzam.

Air Zamzam tersebut untuk membasuh hati Nabi Muhammad SAW yang telah diambil oleh malaikat Jibril as.

Diuraikan lebih lanjut, dalam hadist juga tersirat pesan bahwa Allah SWT tidak memandang bentuk tubuh seorang ataupun bentuk jasadmu, tetapi Allah memandang hati dari hamba-Nya.

Selain itu, beliau menyampaikan dalam sabda Nabi Muhammad SAW juga mengatakan, bahwa dalam tubuh seseorang itu ada segumpal daging yang menjadi titik utama seseorang, yakni bila segumpal daging tersebut baik, maka baiklah seluruh batang tubuh kita, dan sebaliknya.

Hikmah dari penyampaian cerita tersebut yakni bahwa Nabi Muhammad SAW adalah contoh tauladan yang baik bagi seluruh umat Islam di dunia.

Sehingga besar harapan seluruh masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu bisa mencontoh Baginda Nabi Muhammad SAW dalam hal bersikap maupun bertindak.

Kemudian juga masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu bisa menjaga hati dengan terus berbuat baik dan sungguh-sungguh beribadah menyembah Allah SWT agar selalu diberikan keberkahan dalam hidup. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Dinsos

Dinsos

Kadinsos Jelaskan Mekanisme Pemberian Santunan Setiap Safari Ramadhan
sei loban

Kec. Sungai Loban

Pemkab Tanbu Akan Bantu Pembangunan Masjid Al-Muttaqin

Religi

Ustadz Abdurrahman Ajak Masyarakat Amalkan Laa Ilahaa Illallah
MTQ

Kec. Kusan Tengah

MTQ Nasional Pertama Tingkat Kecamatan Kusan Tengah Resmi Ditutup Camat

Informasi

Pemkab Tanbu Gandeng Dinkes Dalam Penerapan Prokes Saat Lailatul Jum’at
Ust Amri

Disbudporpar

Ustadz Asal Makssar Bakal Isi Tausiyah di Pantai Pagatan
mtq

Religi

MTQ Tingkat Kecamatan Batulicin Resmi Dimulai
adat

Budaya

Hadiri Isra Mi’raj, Abah Zairullah Kenakan Baju Adat Khas Tanah Bumbu

You cannot copy content of this page