Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Diskumdagri

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 18:37 WIB

Kepala Diskumdagri Tanbu Sebut Produk UMKM Mampu Bersaing

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Diskumdagri) Kabupaten Tanah Bumbu Denny Hariyanto menyebutkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan pemerintah daerah sudah mampu bersaing di pasaran lokal dan skala nasional.

Hal ini disampaikan Denny yang didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj. Mariani saat meninjau lokasi pemajangan hasil produk UMKM di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Tanah Bumbu ketika pelaksanaan kegiatan peresmian gedung layanan fasilitas perpustakaan umum daerah, beberapa hari yang lalu.

Menurutnya, produk dari para pelaku UMKM yang disajikan dalam segi penampilan, kemasan, dan nama produk sudah bagus sehingga dapat bersaing dengan produk lokal lainnya.

Bahkan, produk itu juga dinilai masuk pada skala nasional yang mana cukup bisa memberikan sugesti bagi mangsa pasar utamanya konsumen.

Terlebih Diskumdagri saat ini telah melakukan terobosan dengan memunculkan aplikasi e-katalog guna mempromosikan barang skala nasional.

Sehingga bisa memudahkan masyarakat yang berada di luar daerah Bumi Bersujud bisa mengakses dan membeli produknya cukup melalui smartphone atau telepon genggam.

Contohnya produk pentol ikan khas yang sudah memiliki banyak peminat dari luar daerah hingga ke negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam yang telah mengekspor sampai dengan 100 ton dalam sebulan.

Besar harapan produk para pelaku UMKM di Tanah Bumbu dapat terus berkembang dan memberikan inovasi baru terhadap makanan maupun barang khas daerah.

Penulis : Fitriana Rahma

Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Diskumdagri

Beragam Keuntungan Gunakan Aplikasi E-katalog

You cannot copy content of this page