Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Senin, 13 November 2023 - 09:45 WIB

Kepemimpinan Desa Merupakan Tanggung Jawab Besar dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar menegaskan kepemimpinan desa merupakan tanggung jawab besar dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan segala kegiatan yang melibatkan warganya.

“Kepala Desa dituntut untuk memahami dan mampu mengimplementasikan program serta kegiatan yang menjadi kewenangan desa,” ungkapnya pada Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembekalan Kepala Desa Pasca Pelantikan di Hotel G’Sign Banjarmasin pada Jum’at (10/11/2023) malam.

Bupati diwakili Kadis PMD Tanah Bumbu Samsir mengungkapkan, dalam konteks pengelolaan keuangan desa, kepala desa memiliki peran sebagai pemegang kekuasaan yang sangat penting.

Kedudukan mereka sebagai pemimpin memiliki dampak besar terhadap kemajuan desa.

“Kepala Desa yang baru dilantik perlu memahami tugas dan fungsi dengan baik. Bimtek ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk memahami mekanisme kelembagaan di desa,” ungkap Samsir

Dalam upayanya memberikan pemahaman yang komprehensif, Samsir berharap Bimtek dapat membekali kepala desa dengan pengetahuan mendalam mengenai penggunaan dana desa.

Pemerintah Pusat melalui kebijakan dana desa memberikan tantangan tersendiri bagi kepala desa, dan pemahaman yang kurang dapat berdampak buruk pada kepemimpinan mereka.

“Dengan Bimtek, diharapkan mereka dapat memahami segala aspek, mulai dari penyelenggaraan pemerintahan hingga sistem pengelolaan keuangan desa,” tambahnya.

Dikatakan, Bimtek sebagai landasan menjadi bagi kepala desa yang baru saja dilantik, dengan fokus pada jabatan dan tugas mereka, serta perangkat desa yang mendukung.

Samsir mengingatkan, pentingnya Bimtek dalam mencegah kepala desa terbentur dengan larangan-larangan yang mungkin terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap tugas mereka.

“Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan mereka akan memperoleh ilmu-ilmu yang diperlukan untuk mengelola seluruh sektor, termasuk penyelenggaraan pemerintahan, sistem pengelolaan keuangan, dan kerjasama antar desa serta instansi terkait,” jelas Samsir.

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Rumah Warga di Simpang Empat Hangus Terbakar, Satpoldam Tanah Bumbu Langsung Bergerak

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Diminta Perhatikan Pelaksanaan Musrembang untuk Dijadikan Program Prioritas
Dpmd

DPMD

Implementasi Serambi Madinah, Dinas PMD Tanbu Lakukan Pembinaan dan Monitoring Kegiatan Keagamaan ke 12 Kecamatan

Tanah Bumbu

Bappeda Litbang Tanah Bumbu Gelar Lomba Inovasi Award 2024

Tanah Bumbu

22 Orang Lulus UKW PWI Banjarbaru Angkatan Pertama

Tanah Bumbu

Masjid Ziyadatul Abrar Tanah Bumbu, Merupakan Masjid Terapung Ketujuh se-Indonesia

Tanah Bumbu

Pada Peringatan Bulan Muharram, Zairullah : Para Kepala SKPD Hendaknya Memahi Tugasnya

Tanah Bumbu

DPRD Tanah Bumbu Berikan Pandangan Terhadap Raperda Bantuan Keuangan Partai dan Keolahragaan

You cannot copy content of this page