Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / Kesbangpol / Tanah Bumbu

Rabu, 21 Juli 2021 - 14:29 WIB

Kesbangpol Tanah Bumbu Siap Tampung Pengaduan Kasus Narkoba Secara Online

BATULICIN – Narkoba merupakan salah satu masalah yang menjadi perhatian bagi banyak pihak, karena rawan beredar di kalangan masyarakat, termasuk kaum muda. Kabupaten Tanah Bumbu merupakan wilayah yang rawan menjadi target distribusi Narkoba, karena mudah dimasuki melalui jalur darat, laut maupun udara.

Ketika menghadiri Talkshow di Radio Swara Bersujud pada Senin, 19 Juli 2021, Kasi Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanah Bumbu, Fatmadi Anas, menjelaskan bahwa pemberantasan peredaran Narkoba merupakan salah satu tugas dan fungsi Kesbangpol.

Anas menjelaskan bahwa bahwa Kesbangpol telah memiliki sistem online untuk pengaduan kasus Narkoba, yakni warga cukup melaporkannya melalui Website Sidukun.Properindo.com, jadi tidak perlu mendatangi Kantor Kesbangpol. Semua laporan tersebut bersifat rahasia, sehingga warga tidak perlu takut ketahuan identitasnya.

Namun ia menegaskan bahwa Kesbangpol bukanlah pihak yang melakukan penindakan hukum, tetapi hanya memfasilitasi saja, dan nantinya laporan tersebut akan diteruskan ke aparat penegak hukum. Kesbangpol sudah memiliki kerjasama dengan Polres, sehingga sistem pelaporan tersebut bisa berjalan dengan baik.

Dari laporan tersebut juga bisa dibuat pemetaan tentang daerah-daerah yang rawan terjadi peredaran kasus Narkoba, sehingga ke depannya Kesbangpol akan memberikan penyuluhan atau sosialsiasi ke daerah tersebut, dengan melibatkan aparat desa, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Anas mengungkapkan bahwa Kesbangpol juga menjadi Sekretariat Tim Terpadu Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), yang terdiri dari instansi Vertikal seperti Polres, Kodim, serta SKPD terkait. Anggota tim tersebut saling bekerjasama untuk memberantas kasus Narkoba.

Selain itu pemerintah daerah juga sedang mengusahakan agar terbentuk Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten di wilayah Tanah Bumbu. Saat ini Kesbangpol sudah menghimpun data-data pendukung untuk bisa membentuk BNN Kabupaten.

Anas menambahkan bahwa pembentukan BNN Kabupaten juga telah sejalan dengan VIsi Misi daerah, yakni menjadikan Tanah Bumbu yang Religius dan Serambi Madinah. Oleh karena itu ia mengharapkan doa dan dukungan dari masyarakat agar BNN Kabupaten bisa segera dibentuk di Bumi Bersujud. (Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Rumah Duka Ardiansyah di Banjarmasin, SKPD Tanah Bumbu Datang Melayat

Tanah Bumbu

Pelatihan Computer Assistant Kembali Digelar Disnakertrans, Kali Ini di Simpang Empat
Dsipendik

Disdikbud

Kolaborasi Disdik Tanbu dan Lembaga Swasta Fasilitasi Pendidikan Kesetaraan di Desa Melalui PKBM

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Lakukan Monev Ketersediaan Bapok Jelang Nataru
Kartini

DP3AP2KB

Peringati Hari Kartini, Kadis P3AP2KB Ajak Kaum Perempuan Tanah Bumbu Mandiri dan Berprestasi dalam Pembangunan

Tanah Bumbu

Pelaku UMKM Tanah Bumbu Antusias Berbelanja di Pasar Rakyat

Kesbangpol

Kesbangpol Tanbu Lakukan Penanganan Narkoba Bersama Tim Intelejen
dkump2

DKUMP2

Sesuaikan Anjuran Harga Pemerintah Pusat, DKUMP2 Gelar Pasar Murah

You cannot copy content of this page