Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Selasa, 16 November 2021 - 09:19 WIB

Manfaatkan Momen HKN ke-57, Dinkes Gelar Periksa Kesehatan Gratis.

BATULICIN, RSB – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu mengarahkan Puskesmas Perawatan Pagatan untuk berkolaborasi dengan Puskesmas Perawatan Batulicin melayani kurang lebih 50 pasien pemeriksaan kesehatan secara gratis pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57.

Kegiatan yang berlansung di Halaman Kantor Dinkes Tanah Bumbu itu, berjalan lancar. Terlihat juga para pejabat di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu antusias dalam mengikuti pemeriksaan kesehatan tersebut.

Pemeriksaan yang berlansung di tengah semaraknya lomba yang digelar panitia, namun tetap banyak pasien yang memanfaatkan waktu senggangnya melakukan pemeriksaan tersebut.

Salah satu Perawat Puskesmas Batulicin, Mahpuzatul Jannah menyebutkan, pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan gula darah, tekanan darah, kolesterol dan asam urat. Serta pemeriksaan tambahan yakni pengukuran berat badan, tinggi badan dan lingkar perut.

Ia menyebutkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Perawatan Batulicin turun dengan 4 perawat dan 1 dokter, dimana hasil dari pemeriksaan tersebut rata-rata pasien dalam keadaan normal atau sehat.

Adapun sasarannya adalah peserta Posbindu dengan rentang usia dari15 sampai 59 tahun dan lansia 60 ke atas.

Dia berharap, masyarakat dapat lebih termotivasi untuk melaksanakan pemeriksaan agar dapat dengan mudah mengetahui penyakit tidak menular bagi penderita yang memeriksakan kesehatannya.

Salah satu pegawai Pemkab Tanah Bumbu yang menjadi pasien, Yudi mengatakan, pemeriksaan kesehatan gratis cukup bagus. Ini menpermudah masyatakat dalam mengecek kondisi kesehatan lebih dini.

Berbicara biaya, di daerah tempat tinggalnya untuk melakukan pengecekan kolesterol, asam urat dan gula darah harganya bervariasi, mulai dari Rp 30 ribu sampai 50 ribu per pengecekan. Jika dilakukan tiga jenis pengecekan otomatis harus mengeluarkan biaya di atas Rp 100 ribuan.

Dia berharap, semoga Dinkes melakukan hal yang sama dalam berbagai kegiatan. Namun layanan kesehatan bukan hanya pengecekan saja, tetapi ada tenaga kesehatan yang memberikan ruang konsultasi atas permasalahan kesehatan.

Sehingga yang bersangkutan bisa lebih waspada dan melakukan anjuran kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat yang lebih berkualitas. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Disdukpencapil

Sekarang Masyarakat Bisa Cetak Dokumen Kependudukan di Mesin ADM

Tanah Bumbu

Suksesnya Rampimnas 1 Forum LKSA-PSAA, Tak Lepas dari Peran Wakil Sekjen Syaikul Ansari

Tanah Bumbu

Desa Pulau Tanjung Sukses Gelar MTQN ke-3 Tingkat Kecamatan Kusan Tengah

Tanah Bumbu

DLH Tanah Bumbu Peringati HPSN Dengan Aksi Bersih-bersih Pesisir Pantai dan Tanam Pohon

Tanah Bumbu

Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 Berjalan Khidmat di Tengah Guyuran Hujan
Pupr

PUPR

Dinas PUPR Tanbu Terus Upayakan Perbaikan Jalan Rusak

Tanah Bumbu

Hari Kedua Job Fair Pembuatan Kartu Kuning Capai Sekitar 200 Berkas

Dinas Perikanan

TP-PKK Simpang Empat Raih Juara Umum Lomba Menu/Masak Serba IkanĀ 

You cannot copy content of this page