Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 25 November 2021 - 12:00 WIB

Membanggakan, Kecamatan Kuranji Raih Empat Gelar Tingkat Provinsi

BATULICIN, RSB – Kegembiraan dirasakan oleh Kecamatan Kuranji setelah pengumuman pemenang lomba Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 yang rilis pada Selasa (23/11/2021) kemarin.

Hasilnya sangat membanggakan, empat gelar juara Tingkat Provinsi Kalsel diraih perwakilan Kabupaten Tanah Bumbu yang berada di wilayah Kecamatan Kuranji yakni Desa Mustika dan Desa Ringkit.

Desa Mustika menyabet tiga gelar juara sekaligus, yakni juara 1 Kelompok Asman Toga pada Penilaian Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Melalui Pemanfaatan Toga dan Akupresur tingkat Provinsi Kalsel, kategori Pedesaan.

Selanjutnya juara 2 Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Kalsel serta juara 3 Lomba Desa/Kelurahan Ber-PHBS pada level provinsi.

Selanjutnya satu gelar juara lainnya, diraih Desa Ringkit setelah mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel dengan status terbaik 2.

Keempat gelar juara yang diraih oleh kedua desa di Kecamatan Kuranji tersebut tentunya juga membawa harum nama Kabupaten Tanah Bumbu di tingkat provinsi. Hasil ini tentunya tidak terlepas dari peran serta, usaha dan doa dari semua pihak.

Camat Kuranji, Muhammad Amin mengatakan, keberhasilan itu tidak terlepas dari arahan Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar di setiap kunjungan ke desa, serta petunjuk dan motivasi dari Hj. Wahyu Windarti selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu beserta jajarannya.

Menurut Camat, buah manis dari hasil penilaian itu juga tentunya tidak terlepas dari kegigihan para kepala desa dan Ketua TP PKK Desa dalam membawa dan mendorong warganya untuk mau berbuat, sadar dan bersatu membangun desa.

Dijelaskannya, Kepala Desa Mustika mempunyai visi dan misi yang jauh ke depan untuk membawa masyarakatnya menjadi desa yang sehat dan kreatif. Begitupula halnya dengan Kepala Desa Ringkit memiliki visi dan misi yang didukung oleh segenap elemen masyarakat untuk menjadi salah satu desa yang maju dan mandiri.

Muhammad Amin juga mengungkapkan, hal terpenting yang selalu ditekankan adalah memberikan motivasi agar tidak boleh minder dengan desa atau kecamatan lain. Karena dari segi posisi desa dan kecamatan kurang strategis, yakni berada di pinggiran nan jauh dari ibu kota kabupaten, jauh dari keramaian dan fasilitas umum lainnya.

Camat menilai, keempat pengharagaan itu menjadi salah satu bukti bahwa desa perwakilan kecamatannya mampu meraih prestasi meskipun dengan keterbatasan yang ada.

Atas nama Pemerintah Kecamatan Kuranji, mengucapkan terima kasih kepada Tim Penilai Provinsi Kalimantan Selatan atas kepercayaan yang diberikan.

Selanjutnya kepada Bupati HM Zairullah Azhar dan Ketua TP PKK Kabupaten beserta seluruh jajaran Pemkab Tanah Bumbu atas kepercayaan yang luar biasa, menjadikan dua desa di Kecamatan Kuranji sebagai perwakilan Bumi Bersujud dalam ajang lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021.

Tak lupa juga kepada kepala desa dan jajarannya serta warga masyarakat berhak mendapatkan apresiasi, karena mampu membayar kepercayaan kabupaten dengan prestasi yang diraih. (Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Ketua TP PKK Tanah Bumbu Wahyu Windarti Buka Kegiatan PMT PAUD

Tanah Bumbu

Kasi Humas Polres Tanah Bumbu J. Sinaga Kunjungi RSB

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Hadiri Tabliq Akbar di Pantai Jhonlin

Tanah Bumbu

Safari Ramadhan Hari Ini, Abah Zairullah Didampingi Ketua PKK Tanah Bumbu Kunjungi Karang Bintang

Tanah Bumbu

HUT PWRI ke-61 Tingkat Kalsel Digelar di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu 2024, Abah Zairullah : Kita Mengundang Habib Luthfi

Tanah Bumbu

Radio Swara Bersujud Hadirkan Inspirasi Petani Millenial Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Paripurna Langsung Tiga Pembahasan

You cannot copy content of this page