DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Dinas Perikanan

Jumat, 5 Agustus 2022 - 16:25 WIB

Menu Kudapan Berbahan Dasar Ikan Bisa Cegah Stunting

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Menu kudapan berbahan dasar ikan, tidak kalah enak dan sehat, serta bermanfaat untuk mencegah stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu menggelar lomba memasak berbahan dasar ikan, guna memperkenalkan produk makanan yang sehat untuk keluarga.

Lomba tersebut diikuti oleh masing-masing TP PKK Kecamatan se Tanah Bumbu, yang berlangsung di halaman Kantor Perikanan setempat, Rabu (3/8/2022) pagi.

Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu Yulian Herawati — sebelum dipindah ke Inspektorat Tanah Bumbu — dalam sambutannya mengatakan, lomba memasak menggunakan bahan dari ikan ini bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat dan sangat bermanfaat untuk mencegah stunting serta mencerdaskan anak-anak di Bumi Bersujud.

Selain itu, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk mengasah keterampilan memasak Tim Penggerak PKK setempat dan menyalurkan ilmunya kepada ibu-ibu di lingkungannya bahwa ikan tidak hanya digoreng saja, tetapi ikan juga dapat diolah berbagai macam camilan dengan tidak mengurangi nilai gizi yang terkandung.

Menurut salah satu peserta Tim Penggerak PKK Kecamatan Mantewe Elly menjelaskan, pihaknya membuat kue lumpia daun ubi jalar yang berbahan dasar ikan, komposisinya yaitu 80 persen berbahan dasar ikan, dan 20 persen lagi menggunakan bahan umbi umbian dan jenis sayuran.

Perlu diketahui bahwa lomba memasak berbahan dasar Ikan merupakan salah satu bentuk sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk generasi yang sehat dan cerdas.

Penulis : Lionike

Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Dinas Perikanan

TP-PKK Simpang Empat Raih Juara Umum Lomba Menu/Masak Serba IkanĀ 

You cannot copy content of this page