Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 5 Agustus 2021 - 10:47 WIB

Pembangunan Bendungan Kusan, 194 Rumah Harus Direlokasi

BATULICIN – Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Tanah Bumbu, Ansyari Firdaus melalui Kasi Pengendalian dan Pengembangan Perumahan Bidang Perumahan, Agus Salim Effendie mengatakan, Pemkab Tanah Bumbu telah merancang pembangunan Bendungan Sungai Kusan.

Bendungan tersebut diperkirakan mampu mengairi areal pertanian seluas 10 ribu hektar dan salah satu upaya mengatasi bencana banjir tahunan di wilayah Bumi Bersujud.

Selanjutnya, manfaat yang didapat tidak hanya sebagai pengendali banjir dan pengairan, bendungan itu mampu menjadi sumber energy Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkapasitas 60 megawatt dan penyedia air bersih.

Bendungan Sungai Kusan, mencakup tiga wilayah desa di Kecamatan Teluk Kepayang meliputi Desa Mangkalapi, Desa Temunih dan Desa Batu Bulan.

Dimana terdapat 194 rumah masyarakat setempat yang terdampak dan harus direlokasi dengan rincian Desa Tamunih 96 rumah, Desa Mangkalapi 60 rumah dan Desa Batu Bulan 38 rumah.

Agus melanjutkan, untuk saat ini Disperkimtan masih melakukan pendekatan kepada masyarakat yang rumahnya terdampak tersebut melalui kepala desa masing-masing untuk mengarahkan tindakan yang perlu dilakukan selanjutnya.

Menurutnya, kenyamanan dan kesejahteraan pasca relokasi harus diutamakan agar masyarakat bersedia pindah ke lokasi yang sudah direncanakan dan nantinya difasilitasi Pemkab Tanah Bumbu melalui program yang ada di Disperkimtan.(Ros/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Update Hari Keempat Tes SKD CPNS dan PPPK Non Guru

Informasi

Setiap Hari Jumat, ASN Tanah Bumbu Pakai Koko dan Sarung

Tanah Bumbu

Perdana Dilaksanakan Salat Jumat di Masjid Darul Ihsan, Dihadiri Sekda Ambo Sakka

Tanah Bumbu

Sebanyak 2.215 Warga Kecamatan Mantewe Terima Bantuan Selama Pandemi

Tanah Bumbu

BPBD Tanah Bumbu Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Kersik Putih

Tanah Bumbu

lGTKI – PGRI Tanah Bumbu Gelar Peringatan Hari Ibu ke-94

Tanah Bumbu

Ratusan Anak di Kusan Hulu Laksanakan Program 1D1M

Tanah Bumbu

Sebanyak 31 Penerima Manfaat Terima Hibah Kompetitif Program YESS Kementerian Pertanian

You cannot copy content of this page