Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Tanah Bumbu

Jumat, 1 Oktober 2021 - 12:11 WIB

Pemkec Batulcin Rencanakan Berbagai Program Mendukung Keinginan Bupati

BATULICIN, RSB – Sebagai upaya mendukung penuh visi dan misi Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Pemerintah Kecamatan Batulcin telah menyusun berbagai program kegiatan terkait sarana dan prasarana umum.

Camat Batulicin, Samsir melalui Kasi Prasarana dan Sarana Umum, Faridah saat menjadi narasumber talkshow RSB beberapa waktu kemarin menyampaikan, pada Oktober ini akan didistribusikan air bersih layaknya PDAM kecil ke masing-masing rumah warga di Desa Suka Maju.

Alasannya, Desa Suka Maju mengalami kesulitan air bersih, karena tidak memiliki sumber mata air cukup, serta PDAM tidak masuk di desa tersebut.

Untuk penyaluran diutamakan fasilitas umum seperti masjid, mushalla, sekolah dan lainnya.

Dalam hal ini, Pemerintah Kecamatan Batulicin berperan dalam memfasilitasi, mengawasi serta memonitoring jalannya kegiatan tersebut.

Disamping itu, Desa Suka Maju juga terdapat pembangunan wisata kolam renang yang merupakan aset desa yang dikelola BUMDes. Hingga saat ini pembangunannya sudah mencapai 80 persen yang terletak di samping Kantor Desa Suka Maju.

Tidak hanya itu, wisata pemancingan yang sudah dalam tahap pembibitan, tetapi belum dikelola sebagai wisata, namun telah direncanakan tindak lanjutnya di 2022 bisa dibuka.

Selain itu disampaikan Faridah, berbagai rencana dalam mendukung keinginan Bupati Tanah Bumbu untuk setiap desa mempunyai hutan desa, di Kecamatan Batulicin terdapat beberapa desa yang berpotensi untuk dijadikan wisata buah.

Wacana tersebut akan dikembangkan di Desa Polewali Marajae, sebuah desa yang memiliki tanaman buah lokal subur dan layak dikembangkan seperti durian, langsat dan buah lainnya.

Berdasarkan hasil tinjauan sebelumnya, desa itu masih jarang tersentuh, sehingga banyak lahan yang dapat dimanfaatkan.

Berikutnya, potensi yang akan dikembangkan Kecamatan Batulicin adalah pembuatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Desa Kersik Putih yang dicanangkan sebagai wisata edukasi religi disertai tugu atau monumen Al-Quran, perpustakaan mini, taman bermain anak. Dimana saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan yang lokasinya bersebelahan dengan Kantor Desa Kersik Putih.

Terakhir disampaikan Faridah, rencana pengembangan wisata mangrove yang juga posisinya berada di kawasan Desa Kersik Putih. Dimana Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar telah mengunjungi lokasi tersebut.

Ketika ditanya terkait respon masyarakat, dia mengatakan, bahwa masyarakat Kecamatan Batulicin sangat mendukung rencana pengembangan tersebut karena berorientasi sebagai sarana menggenjot potensi desa menjadi lebih maju. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

DPRD

Sholawat Nabi Menggema pada Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka Hadiri Gelaran Pasukan Operasi Kepolisian “Ketupat Intan 2024”

Tanah Bumbu

Pembayaran Gaji ke 13, ASN Kabupaten Tanah Bumbu Bersyukur

Informasi

Tingkatkan Kualitas Perekonomian, Dinas PMD Dukung Penuh BUMDes

Bakesbangpol

Rapat Pemantapan HUT RI ke-78 di Tanah Bumbu Dipimpin Kepala Bakesbangpol

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Bahas Persiapan Mapanreritasie 2024

Tanah Bumbu

DLH Segera Gelar Penilaian Program Madinah Berseri

Tanah Bumbu

RSUD dHAAN Jelaskan Wacana BPJS Kesehatan Terapkan Single Tarif

You cannot copy content of this page