Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Disdukpencapil / Kependudukan

Selasa, 19 Juli 2022 - 10:20 WIB

Pengadilan Agama Gandeng Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento : Bila Cerai Status di KTP Jadi Janda

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Kantor Pengadilan Agama ( PA ) Kelas II Batulicin menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Tanah Bumbu guna meningkatkan pelayanan masyarakat mengenai administrasi persidangan status cerai hidup bagi masyarakat.

Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi, beberapa hari lalu mengatakan, kerjasama disepakati dengan penandatanganan perjanjian kerjasama pelayanan terintegrasi
dengan Pengadilan Agama Batulicin.

Usai menghadiri acara di pendopo Istana Anak Yatim Darul Azhar, Minggu ( 17/7/2022 ) malam l, Gento menjelaskan, masyarakat yang telah melaksanakan perceraian, melalui inovasi “Kapalku _Kandas”, maka ada perubahan status perkawinan di KTP. Dimana, dokumen tersebut langsung dikeluarkan dan yang bersangkutan tidak perlu lagi mengurus perubahannya kepada pihak Disdukcapil.

Ia menambahkan, melalui sistem yang terintegrasi, tentunya hal ini akan memangkas birokrasi dan mempercepat proses pelayanan.

Karena kerjasama sudah dilaksanakan, maka tinggal menunggu aplikasi yang dibangun oleh pihak PA.

Dan nanti, implentasinya dari pada Perjanjian Kerja Sama ( PKS ) itu adalah begitu seseorang yang mengajukan gugat cerai kemudian keluar surat penetapan dari pengadilan agama, maka melaui aplikasi tersebut, pihaknya melakukan updating data dari penetapan PA dan yang mengirim ke Dukcapil, sehingga statusnya mereka cerai hidup.

Jadi dalam satu layanan sudah include didalamnya. Sehingga begitu mereka cerai tidak usah lagi mengurus ke Dukcapil atas perceraiannya, tapi sudah tergabung link diaplikasi tadi.

Gento Hariyadi menyebutkan, ketika surat penetapan PA keluar, maka surat cerai juga keluar serta pergantian Kartu Keluarga ( KK ) dari statusnya cerai hidup, sementara KTP berubah status, menjadi janda atau duda.

Sedangkan mereka yang cerai mati, prosesnya tidak melalui penetapan PA tapi cukup menunjukkan surat kematian dari desa, bidan, rumah sakit atau puskemas maka langsung di-updating, tidak melalaui kerjasama.

Tentang kesiapan aplikasi tersebut, menurut Gento, pihaknya sudah komunikasi dengan Kepala Pengadilan Agama Batulicin Kelas II Hj. Mursidah dan berjanji dalam waktu dekat akan selesai.

Penulis : Desy Aulia

Editor : RSB-01

Share :

Baca Juga

Disdukpencapil

Jika Mengalami NIK Invalid Segera Laporkan
Disdukpencapil

Disdukpencapil

Wujudkan Dukcapil Makin Transparan dan Akuntabel, Pemerintah Rencanakan SIAK Terpusat

Disdukpencapil

Berlanjut, Disdukpencapil Lakukan Perekaman KTP Elektronik di Simpang Empat
Disdukpencapil

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Ukur Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Melalui Survey IKN

Disdukpencapil

Bupati Tanbu Sambut Baik Launching ADM

Disdukpencapil

Jelang Akhir Tahun, Disdukpencapil Rilis 12 Ribu Penduduk Berpindah Domisili

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Ikuti Program Sertifikasi ISO 9001 Versi Tahun 2015

Disdukpencapil

Tahun Baru, Disdukpencapil Bersama Kemenag Tanbu Hasilkan Program Inovasi “Kamu Jodohku”

You cannot copy content of this page