DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 25 November 2021 - 11:53 WIB

Perjuangkan Bendungan Kusan, Bupati Zairullah Kunker ke Bappenas RI

BATULICIN, RSB – Kunjungan Kerja Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI di Jakarta guna mendorong terwujudnya pembangunan Bendungan Kusan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) RI/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) merespon positif kunjungan itu. Berdasarkan data yang dipaparkan Pemkab Tanah Bumbu, menyimpulkan bahwa hal ini harus segera terwujud.

Karena sangat banyak potensinya. Baik mengatasi permasalahan banjir, kebutuhan air bersih, maupun potensi irigasinya.

Direktur Pengairan dan Irigasi Bappenas RI, Abdul Malik usai menerima Kunjungan Kerja (Kunker) pihak pemkab Tanah Bumbu di Kantor Bappenas RI, Jakarta Barat, Rabu (24/11/2021) kemarin mengatakan, langkah ini dinilai sangat prospek dan memang harus segera ditangani.

Menurutnya, terkait usulan Bendungan Kusan di Tanah Bumbu, pihaknya sangat mendukung, namun harus dibahas lebih lanjut bersama Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Karena pembangunan ini berkaitan masalah teknis juga, sehingga harus adakan rapat lanjutan dengan Kementerian PUPR yang menyelesaikan masalah maupun mengelola sumber daya air.

Dia menambahkan, untuk prosedur pembangunan bendungan ini, itu sudah ada regulasinya di Kementerian PUPR. Tentu langkah kedepan pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut,.

Dikatakan, hal ini terkait kesiapan project. Masalah teknis tentu akan dibahas, karena membangun bendungan tersebut sebelumnya sudah ada dialog dengan sertifikasi desain izin konstruksi, dan masalah lingkungan.

Abdul Malik mengakui Bendungan Kusan sudah mengantongi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang lama. Namun harus tetap merumuskan rencana mitigasi kemungkinan masalah sosial, termasuk rencana pembebasan lahan.

Dibeberkan, pembangunan Bendungan Kusan membutuhkan anggaran yang cukup besar, oleh karenanya melihat persiapan dan mengurus diskresi.

Sementara itu, kunker ini turut dihadiri Sekda Tanah Bumbu, H Ambo Sakka bersama Kepala Bappeda Tanah Bumbu, Andi Anwar Sadat serta anggota DPRD, H Hasanuddin. (Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Kadis Perkimtan : Program 1D1M Terbentuk Menjadi Nyaman dan Berjalan Tanpa Dorongan

Tanah Bumbu

Pilkades Tahap Kedua se-Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir : Memasuki Tahap Verifikasi

Tanah Bumbu

Dinas Satpoldam Tanah Bumbu Sosialisasikan Pengetahuan Tentang Polbindes

DP3AP2KB

FADes Sungai Danau Raih Penghargaan Dafa Award 2022

Tanah Bumbu

Said Hadid Alaydrus Gantikan Almarhum H. Upi dari Fraksi PDI-P.

Tanah Bumbu

Menag RI Launching Program Zakat di Tanah Bumbu 

DPMPTSP

DPMPTSP Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi dan Berikan NIB

Tanah Bumbu

Satukan Langkah, Dinas P3AP2 Tanbu Gelar Pertemuan Dunia Usaha dan Media Wujudkan KLA

You cannot copy content of this page