DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Disnakertranskop

Kamis, 4 Agustus 2022 - 13:29 WIB

Program Tenaga Kerja Mandiri Bagi Pemula Telah Dibuka 

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) bagi pemula tahun 2022 dari Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022 telah dibuka.

Hal itu disampaikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tanah Bumbu (Disnakertrans) melalui surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala Disnakertrans Drs.H.Avian Noor, Selasa (02/08/22).

Pendaftaran program TKM Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Tahun ini dimulai 29 Juli 2022 sampai dengan 11 Agustus 2022 melalui laman https://bizhub.kemnaker.co.id.

Sekaligus menindaklanjuti surat dari Direktorat Jenderal pembinaan penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI Nomor: 3/2772 /PK. 03 /VII /2022 tanggal 11 Juli 2022 perihal petunjuk teknis tenaga kerja Mandiri pemula Tahun 2022. 

Kemudian surat nomor:  3/3131/PK-3/ VII /2022 tanggal 28 Juli 2022 perihal pembukaan pendaftaran tenaga kerja mandiri pemula Tahun 2022.

Adapun persyaratannya yakni anggota kelompok tenaga kerja mandiri bagi pemula beranggotakan sekitar sepuluh orang, dibuktikan dengan surat keterangan kelompok dari kepala desa atau dinas setempat serta ketua kelompok bersedia membuat surat pernyataan di atas materai Rp10.000 dan diunggah di laman bizhub.

Kemudian ketua ataupun anggota kelompok harus memenuhi kriteria meliputi pencari kerja, terdaftar dalam siap kerja, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI, anggota kepolisian NKRI, dan guru/dosen non PNS, keanggotaan kelompok belum pernah menerima bantuan yang sama dari Kementerian Ketenagakerjaan dalam kurun waktu satu tahun, serta bersedia membuat dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) sesuai waktu yang telah ditentukan.

Bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp20.000.000, dengan usulan usaha meliputi pertanian dan peternakan, perikanan dan kelautan, jasa boga, usaha kreatif, serta perdagangan barang dan jasa. 

Usulan usaha rencana diisi ke dalam kolom isian di laman Bizhub berupa instrumen digital yang digunakan didalam pelaksanaan program TKM pemula.

Penulis : Alisha Mardayanti

Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

BKL

BLK

BLK Tanah Bumbu Akan Gelar Lima Kegiatan Pelatihan Tahun 2022
Disnakertrans

Disnakertranskop

Disnakertrans Tanbu Harapkan Perusahaan Patuhi Aturan yang Berlaku
Disnakertrans

Disnakertranskop

Pastikan Perusahaan Taati Aturan Pemerintah, Disnakertrans Tanbu Lakukan Pembinaan ke Lapangan
BLK

BLK

Bersinergi, BLK Tanbu dan BIB Jalin Kerja Sama Pelatihan Driver DT

Disnakertranskop

Disnakertrankop dan UM Terus Berikan Upaya Pembinaan Bagi Kampung Transmigrasi di Angsana

BLK

BLK Tanah Bumbu Dukung Pelatihan Tenun di Kusan Hilir
Disnakertrans

Disnakertranskop

Disnakertrans Berikan Pembinaan Tata Boga di Kimtrans Nelayan Angsana

Disnakertranskop

Kadisnakertranskop dan UM Tanbu Tutup Latihan Menjahit

You cannot copy content of this page