Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 19 Oktober 2021 - 09:37 WIB

Sekda Buka Lomba Menu PPL B2SA

BATULICIN, RSB – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Ambo Sakka membuka Lomba Menu Pengembangan Pangan Lokal (PPL) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten tahun 2021.

Kegiatan itu berlangsung pada Senin, 18 Oktober 2021 di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu.

Adapun peserta yang mengikuti lomba terdiri dari 12 pengurus PKK se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Disampaikan Sekda, kegiatan ini tidak hanya sebatas peningkatan kuantitas dari menu yang diperlombakan namun kualitasnya adalah hal penting.

Setidaknya masyarakat bisa teredukasi bahwa makanan itu dibutuhkan gizi yang seimbang atau menu yang bermutu hingga terjamin dan hieganis dari sudut kesehatan.

Bicara kendala untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat itu tampak sulit, namun menurut Sekda, bahwa ada paradigma yang berkembang di masyarakat dimana makan itu lebih dibutuhkan pola instan.Biasanya yang terjadi di masyarakat sekarang ini adalah kalau sudah lapar maka akan mencari menu cepat saji atau cepat dikonsumsi.

Oleh karenanya Sekda berharap kepada ibu-ibu lebih jeli bagaimana membuat makanan itu lebih menarik bagi anak-anak hingga mengurangi jajanan yang tidak hiegienis dalam hal ini inovasi sangat di butuhkan.

Dalam kesempatan itu, mewakili ketua TP PKK Tanah Bumbu Hj.Hasnah Mashude mengatakan, dalam lomba olahan pangan lokal ini sejatinya harus di dorong kearah bisnis.

Menurutnya, rasa dan kreativitas nya sudah bisa disajikan dan mengarah ke konsumsi masyarakat luas.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri turut mengajak para kader PKK Kecamatan dan masyarakat lainnya ,dimana pengembangan pangan lokal ini tidak hanya sebatas lomba, namun harus berkesinambungan.

Diungkapkannya, Tanah Bumbu punya bahan pangan lokal yang tersebar di berbagai kecamatan, maka dari itu sudah saatnya berinovasi bagaimana hasil olahannya dimanfaatkan hingga bernilai ekonomis, bergizi serta sehat untuk dikonsumsi. (Win/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Lepas Kontingan Atlet POPDA 2023

Tanah Bumbu

Terbaik se-Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu Juara 1 Lomba Inovasi TTG

Kec. Batulicin

Kecamatan Batulicin Segera Adakan Lomba Kader Posyandu

Tanah Bumbu

RSUD dr.H.Andi Abdurrahman Noor Rilis Program Website Susundiikat

Tanah Bumbu

Ajarkan Anak Berwirausaha Sejak Dini Melalui Market Day
Damkar

Dinas PolPP dan Damkar

Kebakaran Rumah di Batulicin Menyebabkan Kerugian Hingga Puluhan Juta Rupiah

DPMPTSP

DPMPTSP Siapkan Program Kemitraan Bernama Ceritra

Tanah Bumbu

Safari Jumat, Bupati Zairullah Kunjungi dan Akan Bantu Pembangunan Masjid Jami Pagatan

You cannot copy content of this page