Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 21 September 2023 - 15:57 WIB

Sosialisasi Penerapan BLUD Puskesmas se- Tanah Bumbu, Abah Zairullah : Posisi Kesehatan Sangat Starategis

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Posisi Kesehatan sangat strategis dan penting sebab tugas kita bukan hanya melayani orang sakit supaya sehat, tapi lebih dari itu memahami bentuk pentingnya kesehatan secara menyeluruh dan ini memerlukan kerjasama dan dukungan pihak terkait.

Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah mengatakan hal itu ketika membuka sosialisasi penerapan Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD ) Puskemas se- Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis ( 21/9/2023 ).

Sosialisi tersebut diikuti 80 perserta , diantaranya jajaran Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, para Kepala Puskesmas se-kabupaten Tanah Bumbu Ketika memberikan sambutan Abah Zairullah didampingi Asisten I Eka Saprudin, Kadis Kesehatan Tanah Bumbu dr. Muhammad Yandi Noorjaya, Kepala Satpol PP dan Damkar Syaikul Ansyari.

Abah Zairullah mengatakan, pemimpin puskesmas memiliki peran strategis karena harus bisa mengkaji bagaimana pengelolaannya, terutama keuangan, dan konsep BLUD menjadi solusi.

” Selain itu, seberapa jauh anggaran yang didapatkan dengan konsep ini. Dan itu, dimulai secara bertahap sehingga masalah ini tidak membingungkan,” ungkap mantan Kepala Puskesmas S Parman Banjarmasin itu.

Yang pasti, lanjut Abah Zairullah, pelayanan BLUD Puskesmas tidak sama dengan di Rumah Sakit. Pertama alatnya banyak, demikian pula dengan masyarakat yang berobat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu dr. Muhammad Yandi Noorjaya sebagai ketua panitia melaporkan, tujuan sosialisi ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasar prinsip ekonomi dan produktivitas serta diharapkan bisnis yang sehat.

Pelaksanaan kegiatan selama dua hari, dari tanggal 21-22 September 2023. Hari Pertama dilaksanakan di kantor bupati, hari kedua di Kapet Batulicin.
Dan yang menjadi narasumber pada sosialisasi BLUD tersebut dari Kementerian Dalam Negeri.

Seperti diketahui BLUD adalah pengelolaan keuangan yang paling aman. Karena pada saat ini terjadi perubahan bahwa Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan. Alasan kedua adalah dikarenakan harus ada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Puskesmas dan UPT Dinkes lainnya harus berbentuk BLUD, dikarenakan ada kebijakan dari Pemerintah Pusat bahwa BPJS akan melakukan transfer dana ke Puskesmas, yang dapat diakui sebagai pendapatan Puskesmas, yang sering di sebut dana kapitasi BPJS.

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Kesbangpol

Kesbangpol Tanbu Terus Upayakan Langkah Pemberantasan Narkoba

Tanah Bumbu

Beri Legalisasi, Bupati Zairullah Kukuhkan Pengurus LPTQ Kecamatan se-Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Sekda Tanah Bumbu Ikuti Rapat Penyamaan Persepsi Kalsel Sebagai Gerbang IKN
Safari Ramadhan

PUPR

Safari Ramadhan di Angsana, Abah Zairullah Janjikan Perbaikan Jalan Poros Desa Purwodadi

Kesbangpol

Lakukan Pembinaan FKDM, Kesbangpol Gandeng Kerjasama dengan Kodim dan Polres

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar Senam Pagi Bersama ASN

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Lantik Avian Noor Jadi Asisten Bidang Ekobang

Tanah Bumbu

Pacu Kinerja Penanganan Stunting, DP3AP2KB Serahkan Piagam Penghargaan serta Enam Kendaraan Kepada PLKB 

You cannot copy content of this page