Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / BPBD / Tanah Bumbu

Kamis, 24 Agustus 2023 - 10:30 WIB

Sulhadi : Luas Karhutla di Tanah Bumbu Capai 20 Hektare Lebih

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu menginformasikan luas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kota setempat hampir mencapai 20 hektare lebih.

Kepala BPBD Tanah Bumbu Sulhadi, ketika dikonfirmasi belum lama ini, mengatakan, sejak Januari 2023 petugas telah menemukan 40 titik sumber panas dibeberapa kecamatan melalui aplikasi sistem pengawasan kebakaran hutan dan lahan atau “sipongi”.

“Dari 40 titik sumber panas tersebut telah ditemukan empat titik api, sisanya titik panas yang disebabkan oleh panasnya seng atap rumah, warga yang membakar sampah dan batubara,” kata Sulhadi seperti dikutip radio-swarabersujud.com dari Antara.

Dia menjelaskan, empat titik api atau Karhutka didominasi di Kecamatan Kusan Tengah dengan luas mencapai 20 hektare, sedangkan di kecamatan lain luas Karhutla hanya puluhan hingga ratusan meter.

Agar kasus Karhutla di Tanah Bumbu tidak meluas, BPBD Tanah Bumbu juga menyiapkan 2.800 personil gabungan terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan relawan yang tersebar di Seluruh wilayah untuk melakukan pencegahan Karhutla.

“Setiap kecamatan terdapat 200 orang dilengkapi dengan peralatan atau alat pemadam api seperti kepyok, semprot gendong, garu, sekop dan lain sebagainya,” jelas Sulhadi.

Mereka juga dibekali materi untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut andil melakukan pencegahan Karhutla di wilayahnya masing-masing.

Menurut Sulhadi, kasus Karhutla di Tanah Bumbu sangat kecil di bandingkan dengan kasus Karhutla di Kabupaten lain yang ada di Kalimantan Selatan.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi Penanganan Bencana (Pusdalops PB) Kalsel tercatat sekitar 3.214 titik api dengan luas karhutla sekitar 995 hektare lebih tersebar di 13 kabupaten dan kota. Seperti Kota Banjarbaru luas Karhutla mencapai 445 hektare dan sebanyak 102 titik api.

Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru memiliki siklus musim yang berbeda dengan daerah lain yang ada di Kalimantan Selatan.

Contohnya pada Desember 2022 Kabupaten Tapin mengalami karhutla namun Kabupaten Tanah Bumbu mengalami hujan deras. Begitu juga sebaliknya, di saat Tanah Bumbu kemarau kabupaten lain mengalami hujan.

“Berdasarkan informasi melalui aplikasi go.id.lapan.firehot dan aplikasi sistem pengawasan kebakaran hutan dan lahan atau “sipongi” hingga saat ini baru ditemukan 40 titik panas dan empat kasus Karhutla,” jelasnya.

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Pemenang Lomba Memeriahkan HUT KORPRI Terima Hadiah

Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Raih WTP 10 Kali Berturut-turut Dari BPK Perwakilan Kalimantan Selatan

Tanah Bumbu

Ustadz Hidayatullah Sampaikan 7 Kemulian Bertaqwa Kepada Allah SWT

Tanah Bumbu

Sekda Dampingi Wabup Ikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara

Informasi

Mahasiswa Stikes Darul Azhar Gelar Pengabdian Terhadap Masyarakat

Tanah Bumbu

Selesaikan Permasalahan Konflik Tanah, Kemendes: Pentingnya Koordinasi Semua Sektor

Tanah Bumbu

Produk UMKM Tanbu Mulai Banyak Gunakan Aplikasi E-Katalog
Lomba Desa

BPBD

Matangkan Persiapan Ikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel, Dinas PMD Bina Desa Banjarsari

You cannot copy content of this page