Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Covid-19 / Kec. Kuranji / Kesehatan / Tanah Bumbu

Kamis, 12 Agustus 2021 - 14:19 WIB

Tekan Angka Penyebaran Covid-19, Kecamatan Kuranji Gencarkan Operasi Yustisi Penerapan Prokes

KURANJI – Masih tingginya angka penyebaran penularan Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu, mengharuskan pemerintah daerah melakukan berbagai upaya demi menekan agar tidak semakin bertambahnya warga terkonfirmasi Covid-19.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Kuranji adalah dengan melakukan Operasi Penegakan Yustisi Prokes Ketat Covid-19 secara massif, yakni dengan melakukan razia masker bagi pengguna jalan, baik di sepanjang jalur jalan-jalan umum desa dan jalan protokol kecamatan sampai dengan melakukan gelar yustisi di jalan umum perbatasan antar wilayah kecamatan, yakni perbatasan dengan Kecamatan Sungai Loban, Kecamatan Kusan Hulu dan Kecamatan Teluk Kepayang.

Selain melakukan operasi yustisi di jalan-jalan umum, Tim Satgas Kecamatan Kuranji secara rutin menggelar Razia Gebrak Masker di setiap Pasar Desa yang ada di Kecamatan Kuranji. Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Satgas Kecamatan yakni, Pasar Desa Giri Mulya pada setiap hari Kamis sore, Pasar Desa Ringkit pada hari Sabtu, Pasar Desa Waringin Tunggal pada setiap hari Senin sore dan Pasar Desa Indraloka Jaya pada hari Selasa sore.

Camat Kuranji, Muhammad Amin, yang juga selaku Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan, didamping unsur TNI-Polri dan Petugas Kesehatan Puskesamas Giri Mulya, bekerja sama dengan Tim Satgas Desa, melaksanakan Yustisi dan Operasi Gebrak Masker di Pasar Desa Indraloka Jaya Kecamatan Kuranji.

Camat Kuranji mengatakan, dengan ditetapkannya Kabupaten Tanah Bumbu menjadi PPKM Level 4 pertanggal 10 Agustus 2021 oleh pemerintah, maka semua elemen mempunyai kewajiban untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait Protokol Kesehatan Ketat Covid-19, yakni dengan melakukan 5 M, yakni selalu menggunakan masker ketika keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain, sering-sering mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas atau bepergian bila tidak mendesak.

Selain penerapan prokes, juga kepada pengelola fasilitas umum seperti pasar, masjid atau musholla, agar selalu menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun serta handsanitizer bagi masyarakat.

Begitupula dengan pembatasan kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan memperbanyak minum vitamin dan makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selanjutnya terakhir adalah dengan memperbanyak doa serta memperbaiki kualitas ibadah untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT. (Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Dinas Perhubungan Tanah Bumbu Monitoring Arus Mudik di KM 171, Setia Budi : Alhamdulillah Terkendali dan LancarĀ 

Tanah Bumbu

SKPD dan DPRD Tanah Bumbu Ikuti Sosialisasi Pengadaan Barang Jasa dan Anti Korupsi

DP3AP2KB

Hadiri Peringatan Harganas 2022, Sekda Tanah Bumbu Ambo Sakka Dukung Upaya Penurunan Kasus Stunting

Tanah Bumbu

Pentingnya Peran Pemuda Membentuk Kualitas Pemilu Sebagai Pengawasan Partisipatif Lapis

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Terima Alokasi UPTP Bangun BLK Regional

Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Tangani Permasalahan Tanah Melalui Mediasi

Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Terima Sebanyak 1.113 Sertifikat BMD dari Kejari

Tanah Bumbu

Pantau Tumbuh Kembang Anak, Mawar Merah Rutin Gelar Posyandu

You cannot copy content of this page