DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Tanah Bumbu

Senin, 6 September 2021 - 09:23 WIB

Tim Penilai Asman Toga Tingkat Provinsi Kalsel Kunjungi Desa Mustika

KURANJI – Tim Penilai Lomba Asuhan Mandiri (Asman) Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akuptesur Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 melakukan penilaian lapangan di Desa Mustika Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu pada Rabu kemarin.

Sebelum melakukan peninjauan dan penilaian, Tim Penilai disambut tari Panyembrahma, sebuah tarian khas masyarakat adat Bali untuk menyambut dan menghormati tamu.

Selanjutnya Tim Penilai melanjutkan verifikasi meninjau untuk melihat dan menilai secara langsung kegiatan Kelompok Asman Toga dan Akuptesur, tanaman obat-obatan tradisional yang diinovasikan dengan berbagai bahan olahan untuk dijadikan jamu, rempah-rempah kering, rempah timung dan lain sebagainya.

Dengan adanya penilaian itu, diharapkan bisa memberikan motivasi untuk membangkitkan semangat masyarakat maupun pihak-pihak terkait agar bisa memanfaatkan Toga dan Akuptesur. Kesehatan tradisional sangat perlu disosialisasikan dan dikembangkan di masyarakat karena sebenarnya Asman Toga ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

Karena aspek utamanya adalah memanfaatkan apa yang sudah ada di alam, selain untuk keindahan dan kesehatan, tanaman juga bisa dipakai untuk pengobatan yang tentunya bernilai ekonomis.

Pada kesempatan itu, Camat Kuranji Muhammad Amin, menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan membantu terutama Bupati dan Wakil Bupati melalui dinas terkait, Ketua TP PKK Kabupaten, pihak perusahaan, lintas sektor kecamatan dan jajaran Pemdes Mustika beserta seluruh warga yang begitu rukun dan kompak memajukan desanya meskipun masih berada pada masa-masa sulit akibat Pandemi Covid-19.

Menurutnya, Desa Mustika terus berbenah dengan segala potensi yang ada, salah satunya kegiatan Asman Toga serta Akuptesur. Selain itu, Desa Mustika ini juga tengah berbenah dan berkembang menjadi salah satu Desa Kreatif dan pernah dikunjungi oleh Tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa waktu yang lalu.

Ia berharap, Desa Mustika bisa membawa har nama Kabupaten Tanah Bumbu di kancah provinsi melalui penilaian lomba tersebut.

Mengakhiri kunjungan dan penilaiannya, Tim Penilai bertolak ke Kantor Kecamatan Kuranji untuk melihat Taman Obat Keluarga yang dikembangkan oleh TP PKK Kecamatan Kuranji dan diakhiri dengan kunjungan ke Taman Obat Keluarga di Puskesmas Giri Mulya. Asman Toga Kecamatan dan Puskesmas juga merupakan pendukung dalam penilaian, sehingga antara kecamatan dan desa saling memberikan kontribusi.

Turut hadir pada penilaian tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Nyonya Hj. Wahyu Windarti Zairullah didampingi Ketua 1 dan Ketua 2, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Camat Kuranji beserta Ketua TP PKK Kecamatan, perwakilan perusahaan, Kepala Puskesmas Giri Mulya, dinas terkait serta Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa Mustika. (Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Covid-19

Ikhtiar Penanggulangan Covid-19, Pemkab Tanbu Rutinkan Kegiatan Keagamaan Pagi

Kec. Sungai Loban

Pemerintah Kecamatan Sungai Loban Giatkan Gerakan Jumat Subuh Berjamaah
TK

Pendidikan

PAUD TK Islam Terpadu RPI, Gelar Kelulusan Siswa Siswi Angkatan ke 5

Tanah Bumbu

Dinas Pendidikan Tanah Bumbu Jelaskan Program PAUD HI

Tanah Bumbu

Zairullah Azhar Pemimpin Multitalenta
Sekda

DLH

Cegah Abrasi, 2.000 Pohon Mangrove Ditanam di Pesisir Pantai Sungai Dua Laut

Tanah Bumbu

Disbudporpar Tanbu Berikan Fasilitas Pembuatan Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual 

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Apresiasi Peluncuran Rumah Restorative Justice Kejari Tanah Bumbu

You cannot copy content of this page