Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Rabu, 8 Desember 2021 - 08:56 WIB

Tingkatkan Pelayanan, RSUD dHAAN Tambah Alat dan Tenaga Kesehatan

BATULICIN, RSB – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Andi Abdurrahman Noor (dHAAN) Kabupaten Tanah Bumbu terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan dengan menambahkan beberapa alat dan tenaga kesehatan. Yang tujuannya adalah untuk membantu masyarakat guna mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cepat dan tepat di RSUD.

Direktur RSUD dHAAN Tanah Bumbu, dr Muhammad Yandi Noorjaya kepada Kru RSB baru-baru tadi mengatakan, fasilitas di rumah sakitnya sudah baik dalam hal alat medis dan ruang perawatan. Dimana saat ini di RSUD sudah ada alat CT scan dan alat endoskopi untuk mendeteksi penyakit yang berhubungan dengan lambung.

Selain itu, di RSUD HAAN juga sudah menambahkan beberapa tenaga kesehatan yakni dokter spesialis mata sehingga pasien yang menderita penyakit mata bisa langsung diobati dan bahkan bisa dilakukan operasi di rumah sakit tersebut.

Kemudian disebutkannya juga, dokter spesialis radiologi yang mana hasil dari CT scan bisa langsung dibaca oleh dokter.

Selanjutnya, di rumah sakit juga sudah ada dokter spesialis paru-paru yang bisa melayani pasien rawat inap maupun rawat jalan. Dokter spesialis paru-paru ini sudah ada sejak bulan November tahun 2020 lalu dan masih aktif melayani masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu sampai sekarang.

Sebelum adanya penambahan alat dan tenaga kesehatan tersebut di RSUD, pasien penderita penyakit yang berkaitan dengan mata, lambung, paru dan penyakit dalam lainnya harus dilakukan rujukan ke rumah sakit luar kota. Tapi semenjak ada peningkatan fasilitas dan nakes tersebut, jumlah pasien yang dirujuk menjadi berkurang.

RSUD dHAAN Kabupaten Tanah Bumbu saat ini sedang berjalan proses pembangunan fasilitas ruang perawatan kelas 3. Selain itu juga berencana untuk merekrut beberapa tenaga kesehatan yakni dokter spesialis ortopedi (spesialis bedah tulang), dokter spesialis jantung, dan dokter spesialis patologi anatomi.

Saat ini pasien yang membutuhkan pengobatan bedah tulang akan di tangani oleh dokter spesialis bedah umum. Pasien yang mengalami sakit jantung dan penyakit dalam lainnya akan diperiksa oleh dokter spesialis dalam.

Oleh karena itu RSUD dHAAN Tanah Bumbu akan melakukan penambahan tenaga kesehatan dengan salah satu tujuannya yaitu untuk melengkapi fasilitas di RSUD dan meringankan tugas yang merangkap dari dokter spesialis.

dr Yandi pun berpesan kepada masyarakat, agar tidak takut berobat ke rumah sakit, karena tim nakes RSUD sudah siap melayani pasien dengan berbagai jenis penyakit. Kemudian juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Bumi Bersujud untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi menekan laju penyebaran Covid-19. (Fit/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Dua Desa di Kuranji Kembali Wakili Tanah Bumbu Pada Lomba PPL B2SA dan P2L Tingkat Provinsi

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Wisudakan 27 Pelajar Tahfizul Quran Istana Anak Yatim

Informasi

Bupati Zairullah Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Tanah Bumbu

Informasi

LPPTKA – BKPRMI Tanah Bumbu Gelar Wisuda Santri ke XI Tingkat Kabupaten se-Kecamatan Batulicin

Tanah Bumbu

Koperasi Batara Payungi Para Alumni Berwirausaha

DP3AP2KB

Tanah Bumbu Masuk 10 Daerah Penerima Penghargaan KLA 2022 

Tanah Bumbu

Dispersip Kabupaten Tanah Promosikan Minat Baca Libatkan Berbagai Komunitas

Tanah Bumbu

Penjemputan Jemaah Haji ke Tanah Bumbu Kloter 9 Dikawal Satpol PP Dari Banjarbaru

You cannot copy content of this page