Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / DPMD / Tanah Bumbu

Kamis, 2 Desember 2021 - 10:03 WIB

Tingkatkan Pengelolaan Air Bersih, Dinas PMD Gelar Pelatihan KP-SPAM

BATULICIN, RSB – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melakukan pembimbingan pada Pelatihan Kelompok Pengelola Sarana Pengelolaan Air Minum (KP-SPAM), bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Rabu (1/12/2021) kemarin.

Pelatihan tersebut bertujuan agar terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu terkait air minum dan sanitasi. Karena akses air minum merupakan kebutuhan dasar yang wajib bagi Pemkab Tanah Bumbu dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat demi peningkatan kualitas di desa.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam sambutan yang dibacakan Kasi Pembangunan Desa Alifin, menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut guna meningkatkan penyediaan layanan air bersih.

Menurut Bupati, hal ini sangat penting dan strategis, untuk meningkatkan kapasitas KP-SPAM dalam rangka menunjang keberlanjutan penyediaan air minum dan sanitasi masyarakat, serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Bupati berharap melalui pelatihan tersebut, peserta pelatihan dapat memanfaatkan dengan baik kegiatan tersebut agar nantinya pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan terkait dengan pengoperasian SPAM dapat di pertanggungjawabkan sesuai kaidah dan norma yang berlaku

Dengan mengedepankan prinsip transparansi, akuntabilitas, efisiensi dan aktivitas, taat administrasi serta taat azas, selain itu juga untuk memperkuat kinerja administrasi keuangan KP-SPAM agar memiliki kemampuan akses kredit mikro lembaga keuangan.

Adapun kegiatan ini diikuti Ketua Asosiasi KP-SPAM se-Kabupaten Tanah Bumbu, Tenaga Ahli, Koordinator Wilayah, perwakilan dua orang dari 86 Kelompok KP-SPAM, dan tamu undangan. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Ketersediaan Bapok/Bapokting Nataru di Tanah Bumbu Aman

Tanah Bumbu

Kemenag Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Sertifikasi Produk Halal bagi UMKM

Tanah Bumbu

Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VIII Kabupaten Tanah Bumbu Resmi Ditutup

Disnakertranskop

Disnakertrankop dan UM Terus Berikan Upaya Pembinaan Bagi Kampung Transmigrasi di Angsana

Tanah Bumbu

Lomba Inovasi Stunting, Desa Sejahtera Tampilkan PMT Berbahan Serba Ikan

Tanah Bumbu

Bagian Organisasi Setdakab Tanbu Paparkan Reformasi Birokrasi

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Kembali Raih Predikat WTP untuk 11 Kali Berturut-berturut Dari BPK RI 2023
sei loban

Kec. Sungai Loban

Pemkab Tanbu Akan Bantu Pembangunan Masjid Al-Muttaqin

You cannot copy content of this page