Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Bupati Tanah Bumbu

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 17:47 WIB

Wabup Muh Rusli Hadiri Rakor Pengawasan Internal Daerah

BANJARMASIN, radio-swarabersujud.com — Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli hadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Internal Daerah Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Senin (8/8/2022).

Rakor mengusung tema tentang Pengawasan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Peningkatan Kemandirian Fiskal di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar dalam sambutannya menyampaikan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dinilai sangat penting karena memiliki peran dan fungsi dalam melaksanakan pengendalian internal.

Selain itu, menjaga momentum tata kelola pemerintahan dan pembangunan, terutama memaksimalkan kapasitas pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ia mengungkapkan, pada tahun 2021 perekonomian Provinsi Kalimantan Selatan tumbuh sebesar 4,38 persen lebih baik dari tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 2,07 persen.

Wabup Rusli menambahkan, keberadaan APIP sangat berperan dalam menciptakan pemerintahan yang jujur, bersih, akuntabel, dan transparan.

Ia menilai, fungsi APIP dalam rangka pencegahan dari kecurangan, dengan menghasilkan keluhan berharga untuk menjadi masukan bagi pihak auditor eksternal, eksekutif dan legislatif, serta memperbaiki pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah kedepannya.

APIP yang beranggotakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Inspektorat Jenderal/Inspektorat Utama/Inspektorat di setiap kementerian/lembaga, provinsi, dan kabupaten/kota.

Penulis : Yudistira Aryadi

Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Bupati Tanah Bumbu

Bupati Zairullah  Buka Puasa Sunnah Bersama ASN

Bupati Tanah Bumbu

Anak -Anak Memakmurkan Tanah Bumbu dengan Bermalam di Masjid Setempat 

Bupati Tanah Bumbu

Zairullah Sampaikan Selamat dan Terimakasih Atas Kerja Keras Dishub dalam Perkembangan Tanbu 

Bupati Tanah Bumbu

Raperda Tentang Pemekaran Delapan Desa Diparipurnakan 

Bupati Tanah Bumbu

Penyerahan SK Bupati kepada Pegawai PPPK Tetap Berlangsung Dibawah Rintikan Hujan

Bupati Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Hadiri Sosialisasi Rencana Pembentukan Kecamatan Pangeran

Bupati Tanah Bumbu

Apel Peringatan Hari Jadi Koperasi ke 75, Bupati Zairullah Selaku Pembina Upacara

Bupati Tanah Bumbu

Program RSB Dirubah, Bupati Zairullah Minta 70 Persen untuk Pemberitaan, 30 Persen Hiburan

You cannot copy content of this page