Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 26 September 2023 - 10:11 WIB

Wahyu Windarti Zairullah Minta PAUD Persiapkan Pengajaran Lebih Baik

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Bunda PAUD Kabupaten Tanah Bumbu Hajjah Wahyu Windarti Zairullah meminta kepada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk dapat mempersiapkan sistem pengajaran lebih baik.

“Persiapan sistem pengajaran memang perlu dilakukan untuk memperkuat kualitas pendidikan,” kata Hj. Wahyu Windarti, belum lama ini.

Dia mengatakan, usia anak sejak lahir hingga enam tahun adalah periode emas, sehingga perlu diberikan rangsangan pendidikan yang optimal.

Pada usia itu merupakan periode emas, oleh karena itu orang tua dan guru PAUD harus memahami betapa krusialnya momen ini dalam pembentukan potensi anak-anak sehingga perlu persiapan untuk memberikan pendidikan.

Menurutnya, pendidikan di usia dini adalah panduan untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.

PAUD yang baik adalah yang mampu memberikan wahana permainan dan belajar yang merangsang perkembangan anak sesuai dengan tingkatnya.

Dalam hal ini ada beberapa ciri PAUD yang ideal dalam menjalankan proses pendidikan

Diantaranya bermain aktif, anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain, baik secara kreatif maupun bersama teman-teman mereka. Ini membantu perkembangan sosial dan kreativitas mereka.

Kreativitas terpancar, kelas PAUD sebaiknya dipenuhi dengan hasil karya anak-anak untuk menghiasi kelas, sehingga anak-anak merasa bangga dan termotivasi untuk berpartisipasi.

Kurikulum Fleksibel, kurikulum diadaptasi untuk mengakomodasi anak-anak yang belajar dengan cepat dan mereka yang membutuhkan bantuan tambahan. Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda, dan pendekatan yang sesuai sangat diperlukan.

Sarana dan prasarana berkualitas, fasilitas yang baik akan menjadi penunjang pendidikan yang efektif untuk anak-anak di PAUD.

“Ciri-ciri PAUD ideal ini akan menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi PAUD di Kabupaten Tanah Bumbu. Dia percaya bahwa para guru PAUD akan selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak,” jelasnya seperti dikutip dari Antara.

Wahyu juga berharap agar lembaga pengajar dan lembaga pendidikan PAUD dapat menunjukkan komitmen dan mempersiapkan diri untuk memajukan PAUD serta dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi generasi muda.

 

 

sumber : Antara
Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Dinsos

Dinsos

Kadinsos Jelaskan Mekanisme Pemberian Santunan Setiap Safari Ramadhan

Tanah Bumbu

Bank Sampah Desa Rejosari Patut Jadi Percontohan

Tanah Bumbu

BUMDes Tibarau Panjang Kembali Tingkatkan Usaha Petani Setelah Dua Tahun Gagal Panen

Tanah Bumbu

Satpol PP Gerebek Tempat Usaha Diduga Menjual Minuman Beralkohol di Karang Bintang

Dinas PolPP dan Damkar

Tidak Tepati Janji, Lapak Pedagang Dibongkar Satpol PP

Tanah Bumbu

Sebanyak 2.215 Warga Kecamatan Mantewe Terima Bantuan Selama Pandemi

Tanah Bumbu

DLH Tanah Bumbu Launching Program Madinah Berseri
Disduk

Disdukpencapil

Capaian Jemput Bola Dilan Amanah Disdukpencapil Tanbu Sentuh Angka 80 Persen

You cannot copy content of this page