Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Selasa, 4 Januari 2022 - 08:30 WIB

Wakili Bupati, Asisten Administrasi Umum Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76

BATULICIN, RSB – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 bertempat di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (03/01/2022).

Dalam pelaksanaannya, dilakukan momentum upacara bendera dengan tema “Transformasi Layanan Umat”. Dimana Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin mewakili Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Selain itu, juga terdapat acara penyerahan penghargaan atas 6 kategori diantaranya penghargaan madrasah terbaik 2021, penghargaan pondok pesantren salafiyah terbaik, penghargaan penyuluh agama islam non PNS terbaik, penghargaan operator emis madrasah terbaik tahun 2021, serta penghargaan operator emis madrasah terbaik tahun 2021.

Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin saat membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan, Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Hal tersebut, dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Sementara Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Dan Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

Ia mengatakan, Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

Di usia yang ke-76 ini pula, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

DPMPTSP Uraikan Panduan Bagi Pelaku UMKM Daftar Program Kemitraan
Perpustakaan

Dispersip

Berlanjut, Dispersip Tanbu Gelar Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Kedua

Tanah Bumbu

Gencarkan Program Pemda Tanbu, Bupati Zairullah Kenalkan “Satu Desa Satu Masjid” di Ponpes Az-Zikra

Tanah Bumbu

Telusuri Makna Ibadah Hari Raya Qurban, Ustazd Abdul Hamid Sosialisasikan Sembelih Halal
Diskominfo

Diskominfo

Halal Bihalal Bersama Pegawai Diskominfo SP, Bupati Bahas Peran Strategis Informasi di Era Keterbukaan

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Pimpin Upacara Hari OTDA XXVII dan Hardiknas Tahun 2023 di Tanah Bumbu

Pendidikan

Pemkab Tanbu Hadirkan Narasumber dari Provinsi Kalsel pada Raker SKPD

Tanah Bumbu

Kemendagri : Kelompok Pendidikan Signifikan Menyumbang Inflasi Bulan Juli 2023

You cannot copy content of this page