Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / Tanah Bumbu

Rabu, 15 November 2023 - 13:37 WIB

162 Peserta Ikuti Bimtek Penataan Kearsipan SKPD Lingkup Pemkab Tanah Bumbu

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penataan kearsipan.

Bertempat di Ruang Rapat Bersujud 1, Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (13/11/2023).

Bimtek di ikuti sebanyak 54 SKPD. Pesertanya terdiri dari Kasubag Umum dan Kepegawaian, beserta Pengelola Arsip SKPD.

” Total peserta sebanyak 162 orang,” kata Kepala Dispersip Tanah Bumbu Yulia Ramadani melalui Kabid Kearsipan Aulia Hadi Waluyo Perdana.

Aulia mengatakan, latar belakang di laksanakanya bimtek adalah untuk menjalankan amanat Perda Tanbu Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan kearsipan.

“Dispersip selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) bertanggung jawab melakukan pembinaan kearsipan terhadap Perangkat Daerah,” ucapnya.

Ia mengatakan, instrumen audit kearsipan eksternal pembinaan kearsipan terhadap Perangkat Daerah menjadi penilaian LKD Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan serta Arsip Nasional Republik Indonesia.

“Targetnya agar Perangkat Daerah dapat memperhatikan dan mengelola serta menata arsip mereka. Karena arsip tersebut menjadi bahan pertanggungjawaban SKPD masing-masing sebagai pencipta arsip,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar diwakili Plt Asisten Administrasi Umum Hj Narni menyampaikan penataan arsip merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam SKPD.

Karena dengan adanya penataan arsip yang baik dan teratur, maka dalam penemuan kembali arsip bisa di lakukan dengan mudah.

Ia menambahkan, penataan arsip yang baik dan teratur mencerminkan keberhasilan suatu pengelolaan kegiatan di masa lalu yang akan besar pengaruhnya terhadap perkembangan di masa mendatang.

“Semoga Bimtek ini dapat bermanfaat dalam memberikan pelayanan yang baik dalam menyimpan arsip dan menunjang penyusunan arsip yang berdaya dan berhasil guna.

Narasumber Bimtek yakni dari Dispersip Provinsi Kalsel, Muamar selaku Arsiparis Ahli Muda.

 

Penulis/Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Gelar Rakor Lokus Stunting Tahun 2024

Tanah Bumbu

Malam Ini, PAMMI Tanah Bumbu Gelar Gebyar Dangdut Hiburan Rakyat
Peletakanbatupertama

Tanah Bumbu

Besok, Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Desa Persiapan Gunung Kanuar

Tanah Bumbu

Sebanyak Delapan Desa di Sungai Loban Sampaikan Visi Misi Cakades
Setda

HUT Tanbu 19

Persiapan HUT Tanah Bumbu Semakin Matang, Progres Sudah 80 Persen

Satpol PP dan Damkar

Satpol PP Tanah Bumbu Rutin Patroli Malam Jumat Sebagai Upaya Menuju Serambi Madinah

Tanah Bumbu

Bupati Berikan Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi Terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2022

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Lantik Pengawas dan Kepala Sekolah

You cannot copy content of this page