DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:52 WIB

80 Pengelola Perpustakaan di Tanah Bumbu Dibekali Bimtek

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola perpustakaan tingkat SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

Bimtek ini diikuti oleh sekitar 80 orang dan dirangkai dengan penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan di Studio Mini Dispersip Tanah Bumbu, belum lama ini.

Acara dibuka oleh Sekretaris Dispersip Tanah Bumbu M Saleh, mewakili Kepala Dispersip Yulia Rahmadani. Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan Wildan Akhyar, Pustakawan Ahli Madya Dispersip Prov Kalsel Abdillah, serta perwakilan dari Disdik Kabupaten Tanah Bumbu dan SMKN 2 Simpang Empat.

M Saleh menuturkan bahwa bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan perpustakaan di Tanah Bumbu.

“Sebelumnya, hanya ada satu perpustakaan di Tanah Bumbu yang terakreditasi. Namun, di akhir tahun 2023, Dispersip berhasil membina 26 perpustakaan sekolah yang terakreditasi,” kata Saleh.

Dispersip terus berupaya mengoptimalkan perpustakaan di Tanah Bumbu untuk memberikan layanan minimal sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Saat ini, terdapat 245 perpustakaan sekolah di Tanah Bumbu, dan 82 di antaranya memiliki nomor pokok perpustakaan (NPP). NPP merupakan salah satu syarat wajib agar perpustakaan dapat terakreditasi.

Dari 36 perpustakaan sekolah yang mengikuti program relaksasi dari Perpusnas pada Agustus 2023, baru 28 perpustakaan yang terakreditasi.

Akreditasi perpustakaan merupakan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi yang menyatakan bahwa perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

“Bimtek ini merupakan salah satu strategi untuk percepatan akreditasi perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Saleh.

 

 

Penulis/ Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Tinjau Tiga Desa Lokasi Binaan Program 1 Desa 1 Masjid

Informasi

Tinjau Vaksisnasi Bergerak di SMAN 1 Angsana, Gubernur Kalsel Tunggangi Trail

Tanah Bumbu

Dinas Perhubungan Tanah Bumbu Monitoring Arus Mudik di KM 171, Setia Budi : Alhamdulillah Terkendali dan Lancar 

Tanah Bumbu

Pangdam VI/Mulawarman Tiba di Batulicin, Cek Kesiapan Kunjungan Presiden RI

Tanah Bumbu

Pemkec Sungai Loban Gelar Pembentukan Forum RT dan PPDB IAY Darul Azhar

Tanah Bumbu

Bupati Abah Zairullah : Nikmat Bulan Suci Ramadhan Berlipat Ganda

Tanah Bumbu

Sekda Dr.Ambo Sakka Sidak Bahan Pokok di Pasar Harian

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan LPPD, LKPJ dan RLPPD

You cannot copy content of this page