Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Tanah Bumbu

Kamis, 21 Desember 2023 - 07:10 WIB

Abah Zairullah Pimpin Ekspose Program SFV di Desa Sungai Dua

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar pimpin Ekspose Program Desa Perikanan Cerdas atau Smart Fisheries Village (SFV )

di area Kampung Patin Lesehan Carina, Cekdam Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (20/12/2023) siang.

Seperti dikutip radio-swarabersujud.com dari metrokalsel.co.id, dijelaskan selain launching juga diselingi dengan Panen ikan Patin melalui Dinas Perikanan Tanah Bumbu, yang dihadiri langsung Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRPPBKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) RI, Langgeng Nurdiansyah.

Diketahui, SFV berlokasikan di Kampung Patin, Desa Sungai Dua Kabupaten Tanah Bumbu miliki luas 154,57 ha, Luas Kolam Existing 17,3 ha.

Dalam sambutan pada acara tersebut, Bupati Abah Zairullah menyambut baik dan penuh rasa syukur atas dilaksanakannya Ekspose program Smart Fisheries Village (SFV ) ini.

Abah Zairullah berharap dengan momentum penting ini, kita semua terus berupaya untuk bekerja dan berdoa dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan daerah dibidang perikanan ketahanan pangan dan produksi ikan lebih meningkat lagi.

Program ini merupakan upaya Pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan Desa Perikanan, melalui program Smart Fisheries Village (SFV).

SMART Fisheries Village (SFV) merupakan konsep pembangunan dari hulu ke hilir yang berbasis penerapan teknologi dan manajemen tepat guna, serta peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Sementara itu, Kepala Balai Langgeng Nurdiansyah, didampingi Kadis Perikanan Tanah Bumbu Akhmad Rozain menyebutkan, penetapan Desa Perikanan Cerdas di Kabupaten Tanah Bumbu ini, berdasarkan keputusan Kepala BRSDMKP Nomor 156 Tahun 2023 tentang Penetapan Lokasi Desa Perikanan Cerdas (Smart Fishery Village) BRSDM Tahun 2023.

” Sebelum Covid-19, kami sudah beberapa kali ke lokasi ini dari yang sebelum jalan bagus seperti ini, sampai sangat layak jalannya. Bahkan fasilitas sekarang dengan dukungan pemerintah daerah, sekarang ada balainya dan fasilitas pembenihannya, sudah luar biasa,” katanya.

Setelah ini, kampung ini diharapkan menjadi lebih baik dengan pendampingan penyuluh yang disiapkan di kawasan tersebut. Selain itu, ada enam kelompok di sini yang sudah terlatih, dan akan terus ditingkatkan kualitas SDMnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Abah Zairullah juga mengukuhkan Hj Wahyu Windarti sebagai Bunda Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Tanah Bumbu.

Tujuannya, dalam rangka meningkatkan konsumsi makan ikan di daerahnya masing-masing.

 

Penulis/Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Minta, Kadis PUPR Tanah Bumbu dan Konsultan Perencana Paparkan Rencana Pembagunan IAY se-Indonesia

Tanah Bumbu

Masyarakat Diminta Waspada Hadapi Resiko DBD
Dprd

DPRD

Ambo Sakka Tegaskan Pihaknya Sudah Memaksimalkan PAD

Tanah Bumbu

Peringati Hari Ibu, Camat Batulicin Hadiri Silahturahmi Bersama

Tanah Bumbu

Pemdes Salimuran Lakukan Terobosan Menekan Angka Stunting Melalui Inovasi Desa

Dinas PolPP dan Damkar

Sekda Ambo Sakka, Sebut Ini Tiga SKPD Terbaik di Tanah Bumbu 
Ka Dishub

Dishub

Dishub Tanbu Akan Memberhentikan Sementara Angkutan Barang Melintas ke Arah Pantai Pagatan

Tanah Bumbu

Beri Legalisasi, Bupati Zairullah Kukuhkan Pengurus LPTQ Kecamatan se-Tanah Bumbu

You cannot copy content of this page