Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Tanah Bumbu

Jumat, 6 Oktober 2023 - 16:33 WIB

Andi Anwar Sadat : Pemkab Tanah Bumbu Gencar Wujudkan Progam Berkelanjutan

BATULICIN, radio-swarabersujud.com —Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Selatan, gencar mewujudkan program pembangunan yang berkelanjutan di Bumi Bersujud.

“Sesuai intruksi kepala daerah kami komitmen dan aktif dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau sustainable development goals (SDGs),” kata Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tanah Bumbu Andi Anwar Sadat, di Batulicin Rabu lalu, seperti dikutip radio-swarabersujud.com dari Antara.

Andi Anwar Sadat menegaskan, TPB atau SDGs adalah agenda pembangunan global yang wajib diikuti oleh semua negara, termasuk Indonesia.

Pencapaian target TPB sebagai agenda global tidak hanya bergantung pada pemerintah pusat, tetapi juga pada tingkat kabupaten/kota dan bahkan komunitas.

Sehingga Dalam konteks perencanaan pembangunan daerah, pencapaian TPB menjadi isu yang harus terintegrasi dalam dokumen perencanaan dan pemetaan potensi lokal.

Oleh karena itu, semua SKPD harus berperan dalam pemetaan potensi dan permasalahan yang berkaitan dengan TPB, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Saat ini Pemkab Tanbu telah menyusun RAD TPB/SDGs 2021-2026 yang inklusif, terintegrasi, dan partisipatif untuk semua. Rencana aksi ini mencakup 17 tujuan yang dituangkan dalam empat pilar pembangunan,” jelasnya.

Terkait RAD TPB/SDGs, telah terintegrasi dalam dokumen perencanaan RPJMD, Renstra, RKPD, sejalan dengan visi, misi, sasaran, dan indikator pembangunan daerah. Selanjutnya, Pemkab Tanbu sedang melakukan penyusunan laporan terhadap capaian dari matrik yang telah di rencanakan, khususnya untuk tahun 2021-2022.

Karena itu dalam rangka mendukung pelaksanaan SIAP TPB, Pemkab Tanbu mengadakan workshop SIAP TPB bersama SKPD di Kabupaten tersebut. Hal ini harapannya dapat memudahkan dan mempercepat dalam menginput matrik sesuai dengan yang di tetapkan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi narasumber dan memfasilitasi acara ini. Semua peserta supaya mengikuti kegiatan ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab terhadap pencapaian target dalam aplikasi SIAP TPB,” ungkapnya.

 

Sumber : Antara
Editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Minggu, Abah Zairullah Buka Puasa dengan Anak Yatim di Kediaman Pribadinya

Tanah Bumbu

Suryani Perempuan Berprestasi Asal Desa Salimuran Terima Penghargaan dari Menteri Pertanian RI
DKUPM2

DKUMP2

Warga Serbu Pasar Murah Ramadhan 1443 Hijriah di Kecamatan Sungai Loban

Tanah Bumbu

Tim Satpol PP Tanbu Tertibkan Jamaah Lailatul Jumat yang Melanggar Aturan

Tanah Bumbu

dr.Yandi : 2025 Puskesmas di Tanah Bumbu Sudah Berstatus BLUD

Tanah Bumbu

Di Hadapan Bupati, Camat Karang Bintang Paparkan Sektor Pembangunan Prioritas Wilayahnya

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Berikan Penghargaan Terhadap Sejumlah Perusahaan Tambang di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Diskominfo SP Tanah Bumbu Terima Kunjungan Kerja KPID Kalsel

You cannot copy content of this page