Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 10 Agustus 2021 - 09:42 WIB

Bagian Hukum Setdakab Tanbu Laksanakan Penyuluhan UU Tindak Pidana Korupsi Kepada Aparatur Desa

BATULICIN – Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tanah Bumbu melaksanakan Penyuluhan Hukum tahun 2021 terhadap aparatur desa se-Tanah Bumbu.

Hal itu disampaikan oleh Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Erly Yuli Susanti, SH., MH kepada Kru RSB beberapa waktu kemarin.

Target 10 kecamatan untuk anggaran 2021 dan saat ini sudah berjalan di enam kecamatan. Karena setiap satu bulan dilaksanakan di dua kecamatan, sehingga kedepan tinggal empat kecamatan lagi.

Kegiatan ini tentunya tetap mengedepankan prokes dan peserta yang hadir juga dibatasi.

Erly mengatakan, yang menjadi sasaran penyuluhan hukum ini adalah kepala desa, bendahara desa, dan kasi pemerintahan setiap desa, karena tema yang diambil tahun ini terkait dengan pencegahan tindak pidana korupsi.

Tujuan dari penyuluhan hukum ini adalah untuk memberikan manfaat pengetahuan atau wawasan kepada aparatur desa agar mereka paham penerapan terhadap undang-undang tindak piudana korupsi.

Alasan memilih tema ini karena Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan pengalokasian Dana Desa 1 Milyar 1 Desa. Diharapkan selain mereka memahami Peraturan Daerah maupun Peraturan Bupati terkait petunjuk teknis pengelolaan dana tersebut mereka juga memahami terkait undang-undang tindak pidana korupsi agar penggunaan dana tersebut tidak menyimpamng.

Bagian Hukum Setdakab Tanah Bumbu juga bekerjasama menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu dan Pengadilan Negeri Batulicin untuk memberikan penyuluhan hukum kepada aparatur desa.

Selama penyuluhan berlangsung di enam  kecamatan para peserta antusias dan sharing terkait kendala ataupun masalah yang mereka hadapi.

Erly berharap aparatur desa melek hukum UU tindak pidana korupsi termasuk sanksi yang terjadi apabila terjadi tindak pidana korupsi. (Tar/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Menuju Status Tipe B, RSUD DHAAN Bangun Ruang ICU

Tanah Bumbu

Polbindes Bersama DLH Tanah Bumbu Lakukan Binwaslu Tertib Jam Buang Sampah

Tanah Bumbu

Secara Maraton, Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Kunjungi Kecamatan – kecamatan

Tanah Bumbu

Desa Maju Mulyo Digadang Sebagai Sentra Pusat Pembinaan Bola Voli

Tanah Bumbu

Sekda Tanah Bumbu Ambo Sakka Pimpin Gladi Resik Peringatan HUT RI ke-78

Tanah Bumbu

Partisipasi Siswa Ikuti Program Satu Desa Satu Masjid Meningkat

Tanah Bumbu

Ajarkan Anak Berwirausaha Sejak Dini Melalui Market Day

You cannot copy content of this page