Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Tanah Bumbu

Rabu, 15 September 2021 - 10:05 WIB

Pemkab Tanbu Terima Hibah Barang Milik Negara Senilai Hampir Rp 17 Miliar

BATULICIN, RSB – Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan melaksanakan serah terima hibah Barang Milik Negara (BMN) kepada Pemkab Tanah Bumbu yang bertempat di Ruang Kerja Bupati, Selasa, 14 September 2021 sore kemarin.

Penyerahan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara dan naskah hibah barang milik negara dari Kepala Balai Prasarana Permukiman wilayah Kalimantan Selatan, Dardjat Widjunarso, bersama Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR Subhansyah.

Kepala BPPW Kalimantan Selatan, Dardjat Widjunarso, mengatakan serah terima barang milik negara itu merupakan pekerjaan sektor air minum sebanyak enam paket dengan total hampir mencapai Rp 17 miliar. Dimana perolehannya sejak tahun 2006 sampai 2019.

Untuk kegiatan lebih banyak pada fasilitas air bersih yang sudah terbangun dan sudah difungsikan. Keenam paket itu diantaranya Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 20 liter per detik di Batulicin, IPA kapasitas 10 liter per detik tahun 2007 dan tahun 2010 IPA kapasitas 20 liter per detik di Kawasan Simpang Empat dan IPA 20 liter per detik di kawasan Batulicin tahun 2006.

Berikutnya, rehabilitasi Pipa JPU untuk di Tanah Bumbu tahun 2010 serta jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Batulicin di Gunung Tinggi tahun 2019.

Dibeberkan Dardjat, semua barang milik negara itu sudah dimanfaatkan. Untuk proses pemberian hibah cukup lama, karena alur prosedurnya sebelum masuk ke Kementerian PUPR terlebih dahulu melewati tahapan di Kementerian Keuangan.

Penyerahan hibah sendiri dijelaskannya, dilakukan secara bertahap, dan kemungkinan nanti akan ada lagi paket-paket lainnya yang harus diserahkan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR kepada Pemkab Tanah Bumbu.

Intinya adalah jika Pemkab Tanah Bumbu bersedia sharing pendanaan kemudian bersedia menerima hibah, maka BPPW Kalimantan Selatan siap menjadi penghubung sekaligus memfasilitasi ke pihak kementerian.

Sementara untuk pengelolaan, pada prinsipnya sama saja dengan sebelumnya, akan tetapi setelah resmi diserahterimakan ke pemerintah daerah, khususnya PDAM boleh melakukan pembiayaan operasional dan pemeliharaan sendiri karena sudah sah menjadi milik Pemkab Tanah Bumbu.

Usai prosesi penandatangan, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyampaikan terima kasih kepada pihak BPPW Kalimantan Selatan dan seraya berharap, agar perhatian terhadap Tanah Bumbu terus berlanjut, bahkan lebih ditingkatkan lagi.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu Subhansyah yang juga ikut serta mendampingi Bupati pada prosesi itu mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas terlaksananya serah terima aset barang milik negara tersebut.

Dengan adanya serah terima paket itu, ia berharap Pemkab Tanah Bumbu dengan BPPW Kalimantan Selatan bisa semakin solid dalam menjalin sinergitas, sehingga barang milik negara yang ada di Tanah Bumbu selanjutnya bisa dioptimalkan manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat. (Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Sebanyak 52 Pengawas TPS Kusan Tengah Resmi Dilantik

Tanah Bumbu

Sungai Loban Gelar Rakor Sekaligus Evaluasi SDSM

RSUD

RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA

Tanah Bumbu

Gelar Lomba Adzan Bagi Pejabat Eselon II Jelang HUT Korpri ke 51

BPBD

Siaga Bencana, BPBD Tanbu Siapkan 200 Relawan Terlatih

Tanah Bumbu

Paman Birin Resmikan Batfest di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Tenaga Ahli TPP Syahrie : IDM 2023 Bulan April Harus Selesai
Kusan Hilir

Kec. Kusan Hilir

Usai Studi Banding Ke Bandung, Camat Kusan Hilir Tekankan Sekdes Harus Membuka Pola Pikir

You cannot copy content of this page