Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / HUT Tanbu 19 / Religi

Senin, 11 April 2022 - 10:57 WIB

Bertepatan HUT ke-19 Tanah Bumbu, Ketua MUI Sampaikan Tausiah Filosofi Angka 19

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Suhuful Amri memaparkan makna tentang filosofi angka 19, di Halaman Kantor Bupati pada Jumat (8/4/2022)

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Suhuful Amri memaparkan makna tentang filosofi angka 19, di Halaman Kantor Bupati pada Jumat (8/4/2022)

BATULICIN, RSB – Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Suhuful Amri memaparkan makna tentang filosofi angka 19, di Halaman Kantor Bupati pada Jumat (8/4/2022) kemarin.

Pada kesempatan itu, KH. Suhuful Amri menyampaikan, HUT Kabupaten Tanah Bumbu yang ke-19 ini memiliki makna yang sangat baik karena berjumlah sama dengan lafadz bismillahirrahmanirrahim.

Menurutnya, lafadz bismillahirrahmanirrahim ini merupakan kalimat yang selalu diucapkan untuk mengawali pembacaan semua surah di dalam Al-Quran yang berjumlah 114 surah.

Baca juga Bersinergi Dengan Baznas, Pemkab Tanbu Salurkan Santunan

Namun ada satu surah yang tidak diawali dengan lafadz bismillahirrahmanirrahim yakni surah At Taubah.

Keistimewaan dari kalimat bismillahirrahmanirrahim ini terdapat nama-nama Allah yang tercantum di dalam Asmaul Husna yakni Allah, Rahman, dan Rahim.

Lebih lanjut dia menuturkan, pernah ada salah satu dosen yang melakukan penelitian tentang jumlah kata Allah, Rahman dan Rahim di dalam Al-Quran.

Harjad

Bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1443 Hijriah, perayaan Hari Jadi Tanah Bumbu dilaksanakan sarat akan makna religi mulai sholawat dan dzikir bersama hingga paparan hikmah ilmu agama dalam bingkai tausiyah.

Dari hasil penelitiannya, kata Allah yang terdapat pada Al-Quran berjumlah sebanyak 2698 kali tertulis dan jika dibagi dengan 19 sesuai dengan jumlah huruf pada lafadz bismillahirrahmanirrahim ditemukan hasil 142 atau genap.

Kemudian, penelitiannya pada kata Rahman di dalam Al-Quran berjumlah 57 kali dan dibagi dengan 19 sama dengan 3 atau tidak ada yang tersisa.

Selanjutnya pada kata Rahim, beliau menemukan kata Rahim di dalam Al-Quran sebanyak 114 kali tulisan yang bila dibagi dengan angka 19  berjumlah 6 atau genap.

Jadi, filosofi angka 19 ini sangat istimewa karena di dalam Al-Quran bisa dibagi dengan lafadz yang sangat luar biasa yakni Allah, Rahman dan Rahim dengan arti Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Setda

HUT Tanbu 19

Persiapan HUT Tanah Bumbu Semakin Matang, Progres Sudah 80 Persen
Ust. Hidayatullah

Religi

Ustadz Hidayatullah, Sampaikan Nilai Sedekah Berkurban
HUT Tanbu

Disbudporpar

Gladi Resik HUT Tanah Bumbu ke-19, Putri Pilihan Istana Anak Yatim Tampilkan Tari Langkah Cahaya
Laitul Jumat

Kesehatan

Perketat Prokes Majelis Lailatul Jumat, Pemkab Tanbu Gandeng Puskesmas Simpang Empat
Religi

Informasi

Majelis Lailatul Jumat Kembali Kedatangan Penceramah Kondang Luar Daerah
mtq

Informasi

MTQ Nasional ke-19 Tingkat Kecamatan Kusan Hilir Resmi Dibuka
Mtq

Informasi

Berlangsung Meriah, Camat Sungai Loban Lepas Kafilah Pawai Ta’aruf MTQ

Informasi

KH Suhuful Amri Sampaikan Kisah Teladan Pertemuan Kedua Orang Tua Imam Syafi’i

You cannot copy content of this page