Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / Tanah Bumbu

Rabu, 7 Februari 2024 - 07:17 WIB

BPBD Tanah Bumbu Dirikan Dapur Umum bagi Korban Kebakaran di Satui

BATULICIN, radio-swarabersujud.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mendirikan dapur umum untuk melayani kebutuhan 26 kepala keluarga yang meliputi 125 jiwa korban kebakaran di Kecamatan Satui.

“Saat ini dapur umum sudah kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan makan para korban kebakaran. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh tim gabungan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu Sulhadi, Selasa ( 6/2/2024 ).

Ia menyebutkan dalam kejadian tersebut seorang nenek berusia sekitar 70 tahun dinyatakan meninggal dunia karena terjebak di lantai dua rumahnya.

“Ada 23 unit rumah di Desa Berkah Bersama hangus 100 persen dengan kerugian mencapai Rp2,5 miliar. Dua unit lagi di Desa Makmur Jaya rusak ringan dengan kerugian Rp304 juta,” ujarnya seperti dikutip radio-swarabersujud.com dari Antara.

Musibah kebakaran yang terjadi di dua desa yang berdekatan itu terjadi pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.16 Wita sehingga menjadi kendala saat pemadaman dan api cepat menyebar.

Sulhadi memastikan para korban yang selamat sekitar 125 orang dan tidak ada yang luka parah. Sebagian korban mengungsi ke rumah keluarga masing-masing dan tetap dalam pemantauan pemerintah daerah terkait kebutuhan warga.

Pemerintah daerah melakukan koordinasi terkait pendistribusian bantuan kemanusiaan, melakukan verifikasi data, mendirikan beberapa tenda pengungsi, serta berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan di dapur umum.

Beberapa masyarakat yang mengungsi di rumah keluarga juga diantarkan kebutuhan logistik.

Suhaldi menjelaskan para korban mendapatkan bantuan kemanusiaan, namun saat ini masih dalam tahap pendataan secara menyeluruh.

“Besok kami bersama pemerintah daerah rapat koordinasi untuk menyikapi kejadian ini, kami bahas nanti lebih detail terkait bantuan kemanusiaan,” ujarnya lagi.

 

sumber : Antara
editor : Desy Aulia Asran

Share :

Baca Juga

DKPP

Tekan Lonjakan Inflasi di Daerah, DKPP Tanah Bumbu Lakukan Gerakan Pangan Murah

Perikanan

Dinas Perikanan Didukung 25 Tenaga Penyuluh

Tanah Bumbu

Disperkimtan Benahi Pantai Pagatan dengan Pencahayaan

Tanah Bumbu

Koperasi Batara Payungi Para Alumni Berwirausaha

Tanah Bumbu

Wabup Tanah Bumbu Tutup MTQN XIX di karang Bintang

Tanah Bumbu

MTQN Tingkat Kecamatan Sungai Loban Sukses di Gelar

Dinas Sosial

Dinsos Tanah Bumbu Gelar Bimtek SIKS-NG dan Pengelolaan SLRT Puskesos

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Berikan Pembinaan Bagi Pengelola Bina Keluarga Balita

You cannot copy content of this page